Taman Nasional Tesso Nilo

PENGOBATAN DAN PERAWATAN GAJAH INDRO PASCA DISERANG GAJAH LIAR

Published by Humas TNTN on

Lubuk Kembang Bunga, 18 November 2021 – Malang tak dapat ditolak, seekor gajah jinak flying squad TN Tesso Nilo bernama Indro mengalami luka-luka setelah berkonflik dengan seekor gajah liar saat bermalam di hutan. Pada saat kejadian, Indro didatangi gajah liar jantan dewasa di perkirakan 1 ekor pada malam hari dan diduga terjadi penyerangan terhadap Indro.

Kondisi gajah indro kemudian disadari mahout saat gajah indro akan dipindahkan dari hutan. Setelah diperiksa mahout, Gajah Indro mengalami luka – luka akibat serangan pada kaki belakang kiri dan kanan, punggung panggul kiri dan kanan serta ekor digigit cukup parah.

Setelah Balai TN Tesso Nilo berkoordinasi dengan BBKSDA Riau, tim medis BBKSDA Riau kemudian mendatangani flying squad untuk mengobati gajah indro. Tim medis BBKSDA Riau melakukan pencucian luka dengan antiseptik dan antibiotik luar untuk mencegah terjadinya infeksi pada gajah Indro. Tim medis BBKSDA Riau juga memberikan anti radang untuk mengobati rasa sakit yang diakibatkan oleh kerusakan jaringan pada luka gajah indro.

Tim medis BBKSDA Riau mengungkapkan akan melakukan pengobatan secara berkala dan memantau perkembangan pengobatan gajah Indro. Saat ini mahout flying squad TN Tesso Nilo juga secara intensif melakukan perawatan dan penjagaan selama pengobatan TN Tesso Nilo hingga pulih.