Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI INTENSIF DAN PIKET JAGA BERBUAH MANIS, KAWASAN MINIM AKTIFITAS ILLEGAL

Published by Humas TNTN on

Baserah, Rabu 2 November 2022 – intensifkan perlindungan dan pengamanan kawasan TN Tesso Nilo, Polhut, Penyuluh dan PPNPN SPTN Wilayah II Baserah TN Tesso Nilo giatkan patroli di areal Resort Onangan Nilo dan Resort Situgal.

Dalam perjalanan melakukan patroli, petugas sempat mengalami hambatan karena putusnya jembatan sungai tembago dan memilih beralih ke jalur patroli lainnya. Pada patroli ini petugas melakukan pengecekan bekas areal yang terbakar beberapa waktu silam dengan luas lebih kurang 4 Ha. Dari pengecekan ini tim tidak menemukan aktivitas ilegal, kemudian petugas melakukan penebaran benih tumbuhan di lokasi tersebut untuk merehabilitasi areal kebakaran secara alami.  

Pada saat beristirahat petugas bertemu salah seorang warga yang sedang mengendarai motor,  Petugas berbincang dengan warga tersebut dan mengetahui ternyata beliau sudah menanam berbagai jenis tanaman seperti Durian, Mangga, Kopi dan Matoa di dalam kawasan seluas 4 Ha. Petugas memberikan sosialisasi agar Sirait mengajukan Kemitraan Konservasi dengan membentuk Kelompok Tani. Warga tersebut antusias dan berencana untuk datang ke Kantor SPTN untuk bertemu Kepala SPTN Wilayah II Baserah.

Patroli berlangsung aman tanpa menemukan adanya aktifitas illegal didalam kawasan, Petugas kemudian kembali melakukan patroli menuju arah pulang.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder