Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI DAN MONITORING GAJAH DI SPTN WILAYAH II BASERAH

Published by Humas TNTN on

Baserah, 02 Desember 2021 – Tim SPTN Wilayah II Baserah melakukan beberapa kegiatan di kawasan SPTN Wilayah II Baserah. Kegiatan pertama, Tim SPTN Wilayah II Baserah berkolaborasi dengan Devisi Fire & Safety RAPP sektor Baserah untuk melakukan memonitoring pergerakan kelompok gajah liar yang pada minggu sebelumnya masuk kebun masyarakat di Desa Gunung Melintang, Desa Teratak Baru, dan Desa Sekijang dan telah dilakukan pengusiran/pengiringan oleh petugas SPTN Wilayah II Baserah dan masyarakat. Posisi terakhir kelompok gajah liar berada di areal reparian (geeen belt) berada diarea HTI PT. RAPP. Pada kegiatan monitoring gajah tim gabungan tidak menjumpai keberadaan gajah, diduga telah masuk kembali ke dalam kawasan.

Kegiatan selanjutnya, untuk meminimalisir terjadinya kebakaran hutan dan lahan, tim SPTN Wilayah II Baserah melakukan kegiatan patroli kebakaran hutan dan lahan di wilayah Resort Onangan Nilo. tim gabungan yang terdiri dari Polhut, Penyuluh dan PPNPN secara persuasif mendatangi masyarakat yang tinggal didalam untuk selalu menjaga kawasan hutan dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Selama kegiatan tim tidak menemukan adanya FireSpot di sepanjang jalur patroli, dan cuaca selama kegiatan mendung dan berawan.

Di sela-sela kegiatan patroli, tim melakukan penanaman secara mandiri bersama dengan masyarakat yang ada didalam kawasan TN Tesso Nilo. Penanaman ini dilakukan di sepanjang kanan kiri jalan menuju jembatan sungai Nilo Kuala Renangan. Adapun bibit tanaman lokal yang ditanam sebanyak 200 batang diantaranya jenis Gaharu, Cempedak hutan, Rambutan dan Matoa.

Dalam kegiatan patroli ini, tim juga menemukan adanya aktifitas alat berat jenis didalam kawasan. Alat berat ini terpantau sedang melakukan pembersihan lahan. Lahan yg kerjakan merupakan semak belukar yg sudah dikelilingi kebun masyarakat. Menemukan aktifitas alat berat, tim memberikan peringatan kepada operator untuk segera menghentikan pekerjaanya dan memerintahkanya dalam 1×24 jam untuk segera keluar dari kawasan. Kegiatan monitoring gajah liar dan patroli berjalan dengan lancar dan terkendali. Patroli serupa masih akan dilaksanakan secara berkelanjutan untuk memantau aktifitas didalam kawasan TN Tesso Nilo


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder