Taman Nasional Tesso Nilo

JAGA KEUTUHAN EKOSISTEM, PETUGAS PASANG KAMERA TRAP DAN PLANG PERINGATAN

Published by Humas TNTN on

LKB, 15 April 2022 – Gabungan personil Balai TN Tesso Nilo dan SPTN Wilayah I LKB melakukan pemasangan kamera trap di hutan alam TN Tesso Nilo. Pemasangan kamera trap ini dilakukan untuk memonitoring satwa yang ada dikawasan TN Tesso Nilo. Keberadaan dan kelimpahan satwa diukur setiap tahunnya oleh petugas Balai TN Tesso Nilo dengan hasil dari kamera trap yang dipasang.

Selain melakukan pemasangan kamera trap tim juga memasang plang informasi dan peringatan di lokasi pemasangan kamera trap. Pada pemasangan kamera trap ini tim menemukan aktifitas illegal didalam kawasan yaitu berupa patok-patok dan kaplingan didalam kkawasan hutan. Petugas kemudian langsung melakukan penghancuran terhasap patok dan pancang tersebut serta memasang plang peringatan.

Petugas mendapati kegiatan perambahan dan mendatangi pelaku namun pelaku tersebut melarikan dari dari kejaran petugas. Petugas kemudian mendokumentasikan lokasi, memasang rambu-rambu dilokasi perambahan tersebut serta melaporkan kepada pimpinan.

Tim petugas menyampaikan akan melakukan patroli secara intensif dengan perkuatan skala besar serta memasang lebih banyak rambu-rambu sebagai peringatan untuk tidak merusak hutan alam.