Taman Nasional Tesso Nilo

BRIGDALKARHUT TN TESSO NILO TERUS PANTAU HOTSPOT DAN LAKUKAN GROUND CHECK

Published by Humas TNTN on

Baserah, 29 s.d 30 November 2021 – Ground check atau pengecekan lapangan dilakukan oleh Tim Brigdalkarhut SPTN Wilayah II Baserah terhadap hotspot yang terpantau berada di Resort Situgal SPTN Wilayah II Baserah.

Pengecekan bermula dari tanggal 29 November 2021 sekitar pukul 16.30 WIB tim brigdalkar SPTN Wilayah II Baserah mendapat informasi dari tim posko Balai TN Tesso Nilo bahwa telah terpantau hotspot di aplikasi dasbor lancang kuning yang berada di Resort Situgal.

Mendapat laporan tersebut, pada pukul 17.30 WIB tim brigdalkar bersama dengan staf TN Tesso Nilo bergerak menuju tempat kejadian terpantau. Setibanya dilokasi tim menemukan bahwa hotspot yang terpantau benar adanya namun api telah padam. Tim kemudian kembali ke kantor SPTN Wilayah II Baserah setelah memastikan kondisi api karena kondisi sudah malam.

Keesokan harinya pada Selasa, 30 November 2021 tim kembali menuju TKP untuk memastikan dan melakukan groundcek lanjutan pada area yang terpantau pada hari yang lalu. Pada lokasi tersebut tim mengidentifikasi kondisi lahan terbakar lebih lanjut untuk memastikan bekas kebakaran tidak berpotensi menimbulkan api baru.

Disebutkan lahan terbakar merupakan lahan semak belukar yang diduga terbakar karena pengaruh kemarau. Saat ini api sudah dipastikan telah padam seluruhnya dan tim telah kembali ke kantor SPTN Wilayah II Baserah setelah memastikan kondisi api.