UPAYA PETUGAS GABUNGAN PADAMKAN KOBARAN API DI KAWASAN TNTN

Berita122 Views

TNTN, Oktober 2023 – Upaya pemadaman kebakaran hutan dan lahan kawasan TN Tesso Nilo SPTN Wilayah II terus dilakukan oleh Petugas TN Tesso Nilo siang dan malam. Petugas TN Tesso Nilo mengalami kesulitan dikarenakan tidak ada sumber air disekitar areal kebakaran. terdapat beberapa lokasi dengan yang mengalami kebakaran dengan titik-titik dan luas karhutla yang bervariasi.

Ditengah cuaca yang sangat terik dan angin kencang, petugas berusaha memadamkan kobaran api secara manuaal dengan menggunakan jet shooter. Tidak hanya itu, upaya pemadaman dengan water boombing juga dilakukan sebanyak 30 kali, namun api masih tetap sulit ditaklukkan.

Berhari-hari memadamkan api, petugas TN Tesso Nilo dibantu pula oleh Polres Pelalawan, Polsek Ukui, dan Ormas Pemuda Pancasila. Kobaran api masih sulit untuk dipadamkan dikarenakan banyaknya bahan bakar api seperti daun kering, pohon kayu, dsb, serta minimnya peralatan pemadam yang bisa sampai ke lokasi dikarenakan akses yang sulit dijangkau. Ditengah rasa lelah, pertolongan datang langsung dari alam dengan hujan deras mengguyur lokasi karhutla dan kebakaran dapat dipastikan padam keseluruhan.

Keesokan harinya tim kembali sambangi areal karhutla dan melakukan pengecekan ulang. Tim melakukan pendinginan dengan menggunakan jetshooter, bila ada tunggul-tunggul kayu yang masih menyisakan bara api sebagai antisipasi kebakaran lanjutan.