Taman Nasional Tesso Nilo

Upaya Pencegahan Kebakaran Hutan di SPTN I Lubuk Kembang Bunga, Tim Temukan Akses Illegal Menuju Hutan

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Tim patroli pencegahan kebakaran hutan di SPTN I Lubuk Kembang Bunga telah melaksanakan misi dengan hasil yang signifikan. Pada patroli kali ini, tim berhasil mengunjungi beberapa grid penting dalam upaya mencegah dan menanggulangi potensi kebakaran hutan serta aktivitas ilegal di area hutan alam SPTN Wilayah I LKB.

Tim menemukan sebuah pondok yang sudah lama ditinggalkan namun ditempati oleh sekelompok orang dari Wilayah Sorek. Setelah memberikan peringatan, tim berhasil mengosongkan pondok tersebut meskipun ada sedikit adu argumen.

Tim juga berhasil menemukan jembatan sungai yang digunakan sebagai akses ilegal untuk menuju hutan alam. Di sekitar area ini juga ditemukan tumbangan dan 3 unit pondok aktif yang telah dipasang plang himbauan untuk mencegah aktivitas ilegal.

Tim menemukan lebih lanjut aktivitas ilegal berupa tumbangan hutan, 2 unit pondok yang sudah hancur, dan satu unit kerangka pondok. Tim berhasil melakukan pemusnahan bibit sawit yang ditemukan serta menanggulangi potensi pembangunan pondok baru dengan menghancurkan tumpukan papan.

Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang mereka temui di lapangan serta memasang spanduk himbauan untuk mencegah kegiatan ilegal dan potensi kebakaran hutan di area yang rawan.

Tim mengungkapkan akan melakukan tindak lanjut terhadap temuan-temuan yang dihadapi selama patroli. Patroli juga akan diperkuat mengingat rawannya area tersebut terhadap aktivitas ilegal penumbangan hutan. Upaya ini terus dilakukan untuk menjaga kelestarian hutan dan mencegah kerugian lingkungan yang lebih besar.

Categories: Berita