Taman Nasional Tesso Nilo

TUMBUHAN KARNIVORA PEMAKAN SERANGGA

Published by Humas TNTN on

Kantong semar merupakan tumbuhan karnivora yaitu tumbuhan pemakan daging seperti serangga dan hewan-hewan kecil. Banyak yang menyangka kantong pada tumbuhan ini merupakan bunganya. Padahal, kantong ini merupakan daun yang sudah termodifikasi.

Tumbuhan ini dapat mencapai tinggi 15–20 m dengan cara memanjat tanaman lainnya, walaupun ada beberapa spesies yang tidak memanjat. Pada ujung daun terdapat sulur yang dapat termodifikasi membentuk kantong, yaitu alat perangkap yang digunakan untuk memakan mangsanya (misalnya serangga, pacet, anak kodok) yang masuk ke dalam. Kantong ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang tidak tersedia pada habitat tumbuh.

Tanaman ini memiliki penyebaran yang sangat luas dari pinggir pantai sampai dataran tinggi, karena inilah nepenthes dibagi dalam dua jenis yaitu jenis dataran tinggi dan jenis dataran rendah, walau kebanyakan spesies tumbuh di dataran tinggi.

Kantong semar menjadi floral yang dilindungi di Indonesia, karena mengalami tekanan akibat eksploitasi yang berlebihan dan kerusakan habitat. kerusakan habitat yang terjadi diantaranya, bencana alam, pertambangan, dan konversi menjadi lahan pertanian.

Pemerintah memberikan status konservasi tanaman kantong semar termasuk tanaman yang dilindungi berdasarkan Undang-Undang No.5/1990 tentang Konservasi Sumber Daya Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah No. 7/1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa.

Taman Nasional Tesso Nilo merupakan salah satu habitat penting bagi berbagai spesies flora dan fauna, termasuk Kantong Semar (Nepenthes). Kantong Semar adalah tanaman karnivora yang dapat ditemukan di hutan-hutan hujan tropis di wilayah tersebut baik di SPTN I Tesso Nilo Maupun kawasan SPTN II Tesso Nilo.

Sebagai hutan hujan tropis yang lebat dan lembap, Taman Nasional Tesso Nilo menyediakan habitat yang sesuai bagi Kantong Semar untuk tumbuh dan berkembang. Kantong Semar biasanya ditemukan di daerah yang lembap dan agak terlindungi dari sinar matahari langsung di habitatnya

Kehadiran Kantong Semar di Taman Nasional Tesso Nilo menunjukkan pentingnya pelestarian hutan hujan tropis untuk menjaga keberagaman hayati dan habitat bagi berbagai spesies tanaman dan hewan.

Categories: Berita