Taman Nasional Tesso Nilo

TNTN BERSAMA MMP DAN KTHK AMPERA LAKUKAN SURVEY LOKASI PEMULIHAN EKOSISTEM KAWASAN TNTN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 2-4 Agustus 2023 – Tim petugas TN Tesso Nilo melakukan survey lokasi pemulihan ekosistem seluas 10 Ha di Resort Bagan Limau, SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga. Survey lokasi dilakukan juga bersama dengan ketua MMP Bagan Limau , Ketua dan anggota dari KTHK Ampera

Sebelumnya tim terlebih dahulu mengadakan rapat di rumah Ketua KTHK Ampera dan telah disepakati beberapa hal diantaranya akan dilakukan pemulihkan ekosistem hutan yang rusak/terdegradasi oleh perambahan. Tim juga membahas mengenai pencegahan dan penanganan konflik lahan/tenurial di areal tersebut. Pemulihan ekosistem ini nantinya juga akkan memberdayakan kelompok masyarakat (KTHK) dalam pengelolaan kawasan (PE). Pemulihan ekosistem ini nantinya akan dikerjakan oleh KTHK Ampera dengan 25 orang anggota dari Desa Pontian Mekar. Tim juga menekankan kepada KTHK Ampera bahwa KTHK adalah mitra TN Tesso Nilo sehingga wajib melakukan pencegahan dan penanganan dari aktivitas perambahan, kebakaran, dan konflik lahan. KTHK wajib melaksanakan kegiatan sesuai dengan target keberhasilan pertumbuhan tanaman yang disepakati.

Jenis Bibit yang akan ditanam adalah Mahoni 30%, Petai 60%, Jengkol 10%. Sulaman Petai 20% dengan jarak tanam : 4×4 meter, 625 batang per ha. Asal bibit adalah dari Kebun Benih Desa Bagan Limau kerjasama dengan MMP Bagan Limau.

Hasil dari survey lapangan oleh tim, areal merupakan bekas perambahan. Kondisi vegetasi didominasi oleh tumbuhan pionir seperti mahang, sendok2, pulai pipit pada fase pancang sampai tiang serta semak belukar. Tindak lanjut berikutnya tim akan melakukan sosialisasi, pemasangan papan nama areal, dan penanaman secara simbolis.