Taman Nasional Tesso Nilo

TN TESSO NILO TERIMA KUNJUNGAN LSM PERKUMPULAN JEJARING HUTAN SATWA

Published by Humas TNTN on

Pangkalan Kerinci, 16 Januari 2023 – Balai TN Tesso Nilo menerima kunjungan dari Lembaga Swadaya Masyarakat “Perkumpulan Jejaring Hutan Satwa – PJHS”. Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Balai TN Tesso Nilo Heru Sutmantoro, S.Hut, MM.

Perkumpulan Jejaring Hutan Satwa – PJHS merupakan LSM lingkungan berbadan hukum  yang bergerak di Indonesia yang pada saat ini berkegiatan di Provinsi Riau, Jambi, Sumsel, Aceh dan Kalimantan. lembaga ini dirikan pada tanggal 12 September 2019 di kota Pekanbaru, Provinsi Riau. lembaga ini didirikan oleh praktisi, ahli satwa liar yang berkecimpung dikonservasi gajah dan Harimau di Indonesia.

Kunjungan dilakukan dalam rangka melakukan kajian terhadap satwa liar yang ada di areal konsesi dan areal – areal yang berbatasan langsung dengan konsesi HTI. Kegiatan kajian berlangsung di 3 landscape yaitu Pulau Padang, Semenanjung Kampar, dan Tesso. Kunjungan ini bertujuan untuk mendiskusikan dan mendapatkan informasi pengelolaan di tiga bentang alam tersebut.

Dalam pertemuan ini PJHS menyebutkan akan ada alokasi GPS collar 1 yang rencananya akan di pasang pada gajah liar yang terdapat di landskap Tesso Nilo. Kepala Balai TN Tesso Nilo bersama dengan PJHS juga membahas kerjasama dan komitmen stake holder dalam menjaga kawasan konservasi dan pengelolaan satwa liar.