Taman Nasional Tesso Nilo

TINDAK TEGAS TINDAK PIDANA HUTAN, TIM ROBOHKAN PONDOK PERAMBAH DAN HENTIKAN AKTIFITAS ALAT BERAT

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 –  Tim Groundcheck SPTN Wilayah II Baserah telah berhasil melaksanakan patroli intensif untuk menjaga ekosistem dan kawasan terbuka di sejumlah grid di Taman Nasional Tesso Nilo. Kegiatan ini menyoroti pentingnya pelestarian hutan melalui tindakan konkret yang dilakukan oleh personil terlatih.

Tim patroli yang terdiri dari Ka SPTN Wilayah II Baserah beserta tiga personel Polhut dan satu personel perencana melakukan groundcheck di beberapa titik krusial, tim berhasil menghentikan aktivitas alat berat yang sedang membuat jalan di dalam kawasan hutan. Operator alat berat dan masyarakat sekitar telah diberi peringatan untuk segera meninggalkan area tersebut.

Selain itu, Tim juga melakukan pemusnahan beberapa pondok yang berada di dalam kawasan hutan untuk mengembalikan fungsi alaminya. Tim berhasil menemukan dan menghancurkan pondok yang berpotensi merusak lingkungan.

Data dari kegiatan groundcheck menunjukkan variasi tutupan lahan yang mencakup hutan alam, lahan terbuka, perkebunan sawit, semak belukar, dan lainnya. Temuan ini menjadi dasar untuk rekomendasi penanganan lebih lanjut, seperti penambahan garlon untuk memusnahkan tanaman kelapa sawit yang masih tersebar di beberapa grid.

Pihak Tim Groundcheck SPTN Wilayah II Baserah juga memberikan peringatan kepada masyarakat yang tinggal atau beraktivitas di dalam kawasan Taman Nasional Tesso Nilo agar mematuhi regulasi yang berlaku untuk menjaga kelestarian hutan.

 

Upaya-upaya ini tidak hanya berfokus pada penegakan peraturan, tetapi juga pada sosialisasi kepada pemilik alat berat dan masyarakat sekitar tentang pentingnya melestarikan lingkungan. Dengan demikian, patroli dan tindakan yang dilakukan oleh Tim Groundcheck SPTN Wilayah II Baserah bukan hanya sebagai rutinitas, tetapi sebagai komitmen nyata dalam menjaga keberlanjutan ekosistem hutan alam Indonesia.