TINDAK LANJUTI TEMUAN ALAT BERAT, TIM PATROLI BERI PERINGATAN DAN HALAU ALAT BERAT KELUAR KAWASAN

Berita111 Views

TNTN, 21 s.d 25 September 2023 – Polhut, PEH serta staf TN Tesso Nilo kembali giatkan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan kawasan TN Tesso Nilo di SPTN Wilayah II Baserah. Hari pertama tim melakukan patroli di wilayah areal bekas kebakaran pada grid I19 dan sekitarnya. Tim mengungkapkan kondisi dalam keadaan aman dan tidak ada aktifitas masyarakat dilokasi.

Tim  juga melakukan dua kali pelangsiran bibit tanaman untuk kegiatan pemulihan ekosistem pada lokasi bekas kebakaran di grid i19 sekaligus melakukan patroli diwilayah tersebut. Pada kesempatan tersebut tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menjaga lingkungannya dari kebakaran hutan dan lahan. Masyarakat menyambut maksud dan tujuan petugas dengan balik, dan kondisi aman terkendali.

Hari berikutnya tim mendapat informasi adanya alat berat yang sedang bekerja di areal kawasan dari tim piket sebelumnya. Tim kemudian melakukan pengecekan alat berat tersebut dan sesampainya dilokasi tim masih menjumpai adanya alat berat tersebut dilokasi. Diketahui alat berat tersebut sudah bekerja selama 4 hari untuk membuka lahan perkebunan atas suruhan salah satu oknum masyarakat inisial H. Tim lalu memberi peringatan keras berupa surat pernyataan kepada pemilik alat berat dan memrintahkan agar segara menarik alat berat keluar dari kawasan TN Tesso Nilo. Tim akan senantiasa memantau pergerakan dari alat berat dan memastikan alat berat tersebut keluar dari dalam kawasan,