Taman Nasional Tesso Nilo

TIM SMART PATROL SPTN WILAYAH I LKB INTENSIFKAN PENGAWASAN DI TAMAN NASIONAL TESSO NILO

Published by Humas TNTN on

TNTN, 23 s.d 27 April 2024 – Keberadaan Tim Patroli SMART kembali menorehkan catatan keberhasilan dalam menjaga kelestarian Kawasan Hutan Alam Tesso Nilo. Dalam patroli kali ini, tim melakukan pengamanan pada areal SPTN Wilayah I LKB. Tim yang dipimpin oleh Killer Silaban, S.Hut, berhasil mengamankan wilayah dari potensi aktivitas ilegal yang merugikan.

Menjadi momentum penting dalam patroli kali ini,  tim menemui hambatan ketika jalur patroli tergenang banjir, memperlambat pergerakan mereka. Namun, hal tersebut tidak menghentikan semangat timdalam menjaga keamanan kawasan. Bahkan, di tengah tantangan itu, Tim berhasil menemukan pondok baru yang didirikan oleh perambah.

Lebih lanjut, keberadaan dua oknum masyarakat yang mengaku berasal dari Bukit Kesuma, yakni AM dan PM, menjadi sorotan utama. Tim dengan tegas memberikan peringatan kepada keduanya untuk segera membongkar pondok dan meninggalkan kawasan, sebagai bentuk komitmen dalam penegakan hukum tanpa kompromi terhadap pelanggaran lingkungan.

Pada akhir pekan, Tim masih terus berpatroli dengan tujuan menciptakan lingkungan yang aman dan bebas dari aktivitas ilegal. Perjalanan tim dari areal-areal rawan tipihut dan Rumah Sakit Gajah tidak menemukan adanya pelanggaran yang signifikan, hal ini menunjukkan keberhasilan dalam upaya pengawasan yang ketat.

Pada refleksi akhir, Tim Patroli SMART menyimpulkan bahwa keberhasilan dalam menjaga kawasan tidak terlepas dari kerja keras dan keterlibatan penuh semua anggota. Meskipun menemui tantangan di lapangan, Tim terus menjunjung tinggi integritas dan dedikasi dalam menjalankan tugas mereka.

Dengan temuan adanya pondok baru pada patroli ini, tim sampaikan akan adanya tindak lanjut yang lebih serius dan sistematis terhadap pelanggaran lingkungan. Langkah-langkah preventif dan penegakan hukum yang lebih tegas diharapkan dapat menjaga kelestarian Tesso Nilo untuk generasi mendatang.