Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PIKET TN TESSO NILO RUBUHKAN PONDOK PERAMBAH

Published by Humas TNTN on

TNTN, 22- 24 Maret  2023 – Petugas Piket TN Tesso Nilo terus melaksanakan patroli penjagaan hutan kawasan TN Tesso Nilo di SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Pelalawan, Riau.  

Pada hari pertama, Tim patroli melakukan perjalanan ke arah kampung baru dan menemukan pondok yang diperkirakan baru didirikan.  Pada pondok tersebut sudah terdapat plang peringatan oleh tim piket sebelumnya bahwa pondok tersebut harus dirobohkan/dibongkar dalam waktu 1 x 24 jam yang ditulis pada papan dinding pondok. Namun setelah di cek  tim tidak menemukan orang atau pemilik pondok berada dilokasii. Kemudian dikarenakan hari sudah mulai gelap tim kembali ke Camp piket.

Keesokan harinya tim kemudian bergerak kembali ke lokasi pememuan pondok yang ditemukan satu hari yang lalu. Tim berhasil menemukan dan menjumpai pemilik pondok yang mengaku warga desa yang dengan inisial nama P.  Setelah diintrrogasi petugas, pemilik pondok mengaku menanam tanaman palawija. Petugas kemudian memberikan peringatan keras dan sosialisasi mengenai peraturan dan sanksi hukum yang akan diperoleh jika masih melakukan aktifitas didalam kawasan. Setelah proses panjang, pelaku lalu berjanji untuk membongkar atau merobohkan pondok nya sendiri.

Pada hari berikutnya tim piket kembali memonitoring dan mengecek pondok tersebut untuk memastikan bahwa pondok sudah dirubuhkan. Setelah dipastikan rubuh, selanjutnya tim melakukan penyisiran ke areal-areal lain untuk memantau aktifitas illegal. Tim juga melakukan penyebaran biji dan benih tanaman diareal – areal terbuka. Tim kembali ke camp piket untuk persiapan piket esok hari.

Categories: Berita