Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PIKET TN TESSO NILO DATANGI MASYARAKAT DISEKITAR KAWASAN, DIINGATKAN JANGAN BAKAR DAN RAMBAH HUTAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 10 s.d 13 Mei 2023 – Demi mencegah terjadinya gangguan keamanan kawasan hutan dan mencegah terjadinya tindak pidana kehutanan guna menjaga keutuhan kawasan hutan, tim piket penjagaan dan patroli hutan alam TN Tesso Nilo melakukan penjagaan hutan alam di SPTN Wilayah II Baserah.

Pada hari pertama piket jaga, Tim berpatroli dengan tujuan untuk memantau alat berat yang berada di Resort Nilo. Tim memberikan peringatan keras kepada operator alat berat untuk segera membawa keluar alat tersebut dari kawasan TN Tesso Nilo. Tim juga menjumpai oknum masyarakat yang hendak melakukan aktivitas pembersihan lahan, kemudian Tim melakukan introgasi kepada oknum tersebut lalu memberikan peringatan untuk tidak melakukan aktivitas di kawasan TN Tesso Nilo.

Hari berikutnya tim mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kebakaran hutan di kawasan TN Tesso Nilo. Tim langsung bergerak untuk memeriksa titik api tersebut. Pada saat tim berusaha menuju lokasi titik api, tim menemukan sebuah pondok perambah. Tim memberikan surat peringatan dalam bentuk tertulis kepada masyarakat yang berada di pondok tersebut untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak keutuhan kawasan hutan kawasan TNTN dan segera meninggalkan lokasi tersebut.

Kemudian tim melanjutkan perjalanan untuk mencari keberadaan titik api. Pada saat hampir sampai di lokasi titik api, tim menemukan hambatan berupa adanya tumbangan yang menutup akses sepeda motor, dan akhirnya tim berinisiatif untuk berjalan kaki untuk menuju lokasi titik api tersebut. Tim berhasil mencapai lokasi titik api dan mendapati api sudah benar-benar padam. Saat berada di TKP tim tidak menemukan adanya masyarakat untuk dapat dimintai keterangan

Hari terakhir melakukan patroli tim melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak keutuhan kawasan hutan TN Tesso Nilo seperti membakar kawasan hutan dan perambahan. Tim juga bertemu dengan Bhabinkamtibmas Desa Lubuk Kembang Bunga dan melakukan koordinasi terkait penanganan karhutla dalam kawasan TN Tesso Nilo. Setelah berkoordinasi, selanjutnya tim kembali ke camp piket untuk persiapan pertukaran tim piket selanjutnya.