Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PIKET PANTAU AKTIFITAS ILLEGAL DALAM KAWASAN DAN BERI HIMBAUAN KEPADA MASYARAKAT

Published by Humas TNTN on

TNTN, 6 s.d 8 Juni 2023 – Tik piket penjagaan hutan SPTN Wilayah II Baserah melakukan penelusuran hutan untuk memantau aktifitas didalam kawasan. Pada patroli kali ini tim menemukan lahan terbuka yang baru ditanami sawit diperkirakan baru 1 atau 2 hari yang lalu. Sawit yang ditanam baru 5 jalur yang setiap jalurnya terdapat 15 tanaman sawit, tim langsung memusnahkan sawit dengan mencabut dan memusnahkan serta melakukan pemasangan plang di lokasi tersebut.

Tim juga menyambangi lokasi bekas tumbangan dan melakukan penebaran biji dan pemasangan plang. Dalam perjalanan pulang tim melakukan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat yang berada di dalam kawasan agar tidak melakukan pembukaan lahan dan pembakaran hutan dan lahan. Saat melakukan diskusi dengan masyarakat, tim mendapatkan informasi bahwa di daerah pemukiman Nilo ada alat berat yang bekerja menservice jalan menuju pemukiman Mahato.

Keesokan harinya tim menindak lanjuti informasi dari masyarakat dihari sebelumnya, pada hari rabu tanggal 7 Juni 2023. Tim Piket bersama Kepala SPTN II Baserah memantau pergerakan alat berat tersebut. Tim melakukan pemantauan dari pos jaga dengan menggunakan drone. Dari hasil pemantauan alat berat diketahui sedang terparkir dan tidak bekerja. Tim menghampiri alat berat tersebut dan hanya menemukan mekanik alat berat. Tim kemudian menggali informasi terkait apa yang dikerjakan Alat berat ini. Dari hasil keterangan mekanik, alat berat ini akan melakukan pengerjaan jalan. Rencana pembuatan jalan akan dilanjutkan ke arah sungai tembago estimasi 1 km dari lokasi alat sekarang. Pada saat ini infonya alat berat akan membangun jembatan menyeberangi sungai Nilo. Tim kemudian langsung berkoordinasi dengan pimpinan untuk menindaklanjuti penemuan ini.

Hari berikutnya tim memantau hutan alam disekitar bekas perambahan menggunakan drone dan terlihat sudah tersuksesi secara alami. Dari pemantauan drone tidak ditemukan ada nya bukaan baru di sekitar lokasi tersebut. Tim juga tidak menemukan dan tidak mendengar adanya aktivitas tipihut selama patroli. Mengingat hari sudah gelap tim kembali ke camp piket dan mempersiapkan piket esok hari.