Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PIKET JAGA TN TESSO NILO TEMUKAN JEJAK TAPIR SAAT PATROLI

Published by Humas TNTN on

TNTN, 05  – 06 Februari 2023 – Tim piket penjagaan hutan TN Tesso Nilo melaksanakan serangkaian kegiatan penjagaan dan perlindungan kawasan hutan di SPTN Wilayah I LKB dan SPTN Wilayah II Baserah.

Tim melakukan patroli ke Wilayah Resort Lancang Kuning tepatnya  di Pos Lancang Kuning. Tim mi menyusuri kawasan dengan berjalan kaki menuju pos lancang kuning. Pada areal tersebut tim menemukan sebuah pondok diduga milik perambah, dan langsung melakukan perobohan saat itu juga. Tim kemudian melakukan penaburan biji disekitar pondok dan di areal bekas tumbangan dan areal-areal yang telah terbuka baik di areal SPTN I LKB maupun SPTN II Baserah.

Selama patroli tim tidak menemukan adanya aktifitas perambahan. Saat menyusuri hutan alam, tim menjumpai jejak satwa yang diidentifikasi sebagai Tapir dewasa dengan jumlah 1 ekor. Jejak diprediksi masih baru dan areal dilintasi tapir beberapa saat sebelum tim datang. Petugas menyampaikan areal hutan alam TN Tesso Nilo memanglah merupakan habitat dari satwa tapir dan satwa-satwa lainnya yang senantiasa harus dijaga kelestariannya. Menjaga hutan alam tetap utuh, sama halnya dengan menjaga satwa-satwa liat dari kepunahan.