Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PETUGAS SPTN WILAYAH II BASERAH PATROLI DIJALUR GAJAH DAN TEMUKAN JEJAK-JEJAK SATWA

Published by Humas TNTN on

Baserah, 15 – 17 Februari 2023 – Tim petugas SPTN Wilayah II Baserah laksanakan menitoring dan patroli kawasan di SPTN Wilayah II Baserah. Berdasarkan arahan dari Kepala SPTN Wilayah II Baserah, tim melakukan patroli disekitar kawasan yang merupakan jalur satwa gajah. Selama patroli tim tidak menemukan tanda tanda keberadaan satwa gajah yang baru dan hanya menemukan kotoran yang diperkirakan +- 1 bulan yang lalu. Tim juga tidak menemukan adanya jerat di sepanjang lintasan satwa gajah.

Pada hari kedua, tim patroli berangkat dari SPTN Wilayah II Baserah dengan tujuan hutan alam untuk melakukan pengecekan terhadap temuan aktivitas ilegal berupa rintisan oleh tim piket sebelumnya. Tim berjalan kaki sejauh +- 3 km sampai ke sungai anak air hitam. dalam perjalanan tim menjumpai jejak satwa tapir dan jejak satwa kijang. Selama patroli tim tidak menemukan dan mendengar adanya kegiatan ilegal dalam kawasan TNTN.

Hari terakhir tim melakukan gotong royong pembersihan lingkungan di sekitar kantor SPTN wilayah II Baserah. Sekira Pukul 09.15 WIB tim bersama Kepala SPTN Wilayah II Baserah menerima kunjungan masyarakat, dalam pertemuan ini masyarakat membahas terkait pengajuan kelompok tani hutan kepada kasi SPTN Wilayah II Baserah. Kepala SPTN Wilayah II Baserah mendukung pengajuan kelompok tani. Kepala SPTN Wilayah II Baserah menjelaskan mekanisme terkait pengajuan kelompok tani.