TIM PENJAGAAN KAWASAN TNTN SUSURI AREAL RAWAN DAN DAMPINGI MAHOUT CARI GAJAH BINAAN YANG LEPAS IKATAN

Berita165 Views

TNTN – Pekan ini, tim penjagaan hutan alam kawasan TN Tesso Nilo, susuri areal Resot Lancang Kuning dan Resort Bagan Limau SPTN Wilayah I LKB untuk pantau pergerakan didalam kawasan.

Dilokasi tim menemukan tanaman sawit yang berdampingan dengan tanaman Rehab das PT. Sonokeling. Tim seketika langsung memasang plang dan spanduk peringatan dilokasi tersebut. Tidak jauh dari situ tim menemukan seorang ibu dengan dua orang anak yang menghuni sebuah pondok kayu. Tim juga bertemu dengan sepasang suami istri yang sedang berkebun didalam kawasan. Tim patroli memberi peringatan tertulis untuk segera meninggalkan lokasi tersebut.

Uniknya, saat melakukan perjalanan berikutnya dan tim hendak lakukan perobohan pondok, tim menemukan pondok tersebut sudah hancur dirobohkan kelompok gajah. Kemudian tim melakukan patroli mengarah ke sungai Bomban dan menemukan kembali jalan yang sudah dibuka 2 minggu lalu oleh tim patroli, dan kini kembali ditumbangi oleh perambah untuk mengahalangi jalur patroli

Patroli juga diselingi dengan mendampingi mahout gajah untuk melakukan pencarian terhadap gajah tesso yg lepas dari ikatan. Saat ditemukan gajah tesso tengah berada di kebun illegal sedang memakan batang pisang. Mahout lalu menggiring gajah tesso ke lokasi ikatan kembali.