Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PATROLI TESSO NILO BERHASIL MEMBUKA AKSES JALUR DAN MEMPERHATIKAN SUKSESI ALAMI

Published by Humas TNTN on

Baserah, TNTN, Juni 2024 – Dalam upaya menjaga kelestarian kawasan TN Tesso Nilo, tim patroli gabungan yang terdiri dari personel Polisi Hutan (Polhut), Manggala Agni, dan PPNPN telah berhasil menjalankan misi perlindungan dan pengamanan. Kegiatan ini dilaksanakan mulai dari Rabu hingga Sabtu, 5 hingga 8 Juni 2024, di SPTN Wilayah II Baserah.

Salah satu pencapaian signifikan dari kegiatan patroli ini adalah pembukaan akses jalur yang sebelumnya tertutup oleh pohon tumbang. Melalui tindakan pemotongan pohon, tim berhasil membuka akses menuju hutan alam, yang sebelumnya sulit dijangkau. Selain itu, jembatan penghubung yang rusak juga diperbaiki, memastikan akses patroli menjadi lebih lancar.

Tidak hanya fokus pada infrastruktur, tim patroli juga aktif dalam memasang plang informasi serta papan-papan peringatan di sekitar kawasan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya perlindungan lingkungan di Taman Nasional Tesso Nilo.

Selama berpatroli, tim juga berhasil memantau kondisi kawasan disekitar hutan alam. Hasilnya menunjukkan bahwa tidak ada aktivitas penanaman tanaman sawit yang berpotensi merusak ekosistem alami. Bahkan, sudah terlihat adanya proses suksesi alami di area tersebut.

Tim patroli sebutkan akan terus melakukan gebrakan berupa peningkatan intensitas patroli di yang terindikasi rawan tindak pidana hutan. Hal ini bertujuan untuk memastikan keamanan dan kelestarian kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.

Dengan demikian, keberhasilan tim patroli dalam membuka akses jalur dan memperhatikan suksesi alami di Taman Nasional Tesso Nilo memberikan harapan baru untuk perlindungan lingkungan yang lebih baik di masa depan.