Taman Nasional Tesso Nilo

Tim Patroli Taman Nasional Tesso Nilo Berhasil Mencegah Aktivitas Ilegal

Published by Humas TNTN on

TNTN, 2024 – Tim patroli dari Resort Air Hitam, SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga berhasil menggagalkan beberapa upaya aktivitas ilegal selama patroli rutin mereka. Tim telah melakukan pemantauan intensif didalam kawasan. Mereka dilengkapi dengan berbagai peralatan termasuk peta kawasan, HP/GPS, dan kendaraan roda dua untuk memudahkan mobilitas di area terpencil.

Tim bergerak kedalam kawasan dan bertemu dengan seorang warga masyarakat  dengan inisial HR.  Masyarakat tersebut kedapatan membawa bahan dapur, bensin, dan oli ke dalam kawasan hutan. Setelah dilakukan interogasi, HR mengaku berasal dari Tembilahan dan melakukan pekerjaan sebagai penjaga kebun di Desa Air Hitam. Tim memberikan peringatan keras terhadap aktivitas pembukaan lahan ilegal dan meminta warga tersebut untuk segera meninggalkan kawasan.

Tim juga menemui seorang warga, yang mengakui niat untuk membeli lahan di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Tim kembali memberikan peringatan terhadap aktivitas ilegal tersebut. Selain itu, tim mendeteksi suara chainsaw di dekat lokasi, namun pelaku diduga sudah menghindari patroli.

Hari berikutnya tim melanjutkan patroli dan tidak menemukan aktivitas ilegal. Mereka juga melakukan pemasangan spanduk larangan di koordinat tertentu. Selain itu tim menemukan imasan baru , yang diduga baru terbuka dua hari belakangan ini. Spanduk larangan dipasang untuk mencegah aktivitas lebih lanjut di area tersebut.

Selama patroli, tim berhasil merobohkan pondok yang sebelumnya sudah diperingati karena melanggar larangan. Mereka juga menghadapi dua orang warga yang membawa bibit sawit ke dalam kawasan dan langsung mengusir mereka keluar dari kawasan hutan, serta memberikan peringatan keras terhadap penanaman sawit di dalam TN Tesso Nilo.

Kepala Resort Air Hitam, Asari, S.Hut menyatakan bahwa patroli ini merupakan bagian dari upaya rutin untuk melindungi kelestarian Taman Nasional Tesso Nilo. “Kami berkomitmen untuk menjaga agar kawasan ini tetap terlindungi dari aktivitas yang dapat merusak ekosistem alaminya,” ujar Asari. Tim patroli juga mengungkapkan akan meningkatkan pengawasan di seluruh kawasan TN Tesso Nilo guna mencegah aktivitas ilegal yang merugikan lingkungan. Patroli rutin akan terus dilakukan untuk memastikan keberlanjutan keanekaragaman hayati dan fungsi ekosistem hutan yang sangat berharga ini.

Categories: Berita