Taman Nasional Tesso Nilo

TAK GENTAR HADAPI TANTANGAN, TIM PATROLI PENJAGAAN HUTAN TNTN BONGKAR DAN ROBOHKAN PONDOK-PONDOK PERAMBAH

Published by Humas TNTN on

TNTN, 18 – 22 Agustus 2023 – Tim patroli penjagaan hutan alam TN Tesso Nilo melaksanakan patroli darat di areal SPTN Wilayah II Baserah

Tim bergerak menuju areal-areal rawan aktifitas illegal. Pada kegiatan patroli ini, tim menemukan beberapa pondok perambah baik yang berpenghuni maupun yang tidak berpenghuni. Tim melakukan perobohan dan pembongkaran terhadap pondok-pondok, dan memberikan peringatan keras kepada penghuni berupa surat peringatan untuk segera meninggalkan kawasan hutan.

Selanjutnya tim patroli bergerak menyusuri jalur patroli menuju titik berikutnya. Di perjalanan tim menemukan masyarakat sebanyak 3 orang terdiri dari 2 orang dewasa dan 1 anak-anak. Tim menemui masyarakat tersebut untuk memberikan peringatan keras dan membuat surat pernyataan agar segera meninggalkan lokasi.

Hari ketiga berpatroli, tim melakukan pengecekan dilokasi bekas kebakaran yang terjadi beberapa waktu silam. Tim meninjau lokasi untuk memastikan bahwa lokasi bekas kebakaran telah padam dan tidak digarap untuk membuka perkebunan. Jelas tim patroli, tim akan terus memantau lahan bekas kebakaran secara berkelanjutan.

Saat tengah melanjutkan perjalanan, tim melihat dari kejauhan asap kecil membumbung yang diduga merupakan sisa-sisa bata api di tunggul yang masih hidup akibat adanya kebakaran hutan beberapa waktu yang lalu. Tim dengan sigap bergerak ke arah penampakan asap tersebut dan menemui adanya batang kayu besar yang telah kapur masih dalam kondisi bara yang masih hidup. Melihat bara tersebut tim kemudian memadamkan bara api dengan alat dan bahan seadanya.

Padah hari terakhir patroli, Tim mengumpulkan data dan informasi yang didapat dari hasil kegiatan yang dilakukan hari-hari sebelumnya untuk dijadikan bahan dalam pembuatan laporan yang menjadi dasar dalam mengambil kebijakan selanjutnya. Tim menyampaikan akan terus memantau aktifitas didalam kawasan dan bertindak secara tegas untuk menyelesaikan permasalahan perambahan didalam kawasan.