Taman Nasional Tesso Nilo

Tim Patroli Pencegahan Kebakaran SPTN II Baserah Gencar Awasi Areal Rawan

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Tim Patroli Pencegahan Kebakaran SPTN Wilayah II Baserah telah melaksanakan serangkaian kegiatan intensif dalam rangka mengantisipasi potensi kebakaran hutan di beberapa titik rawan, terutama di sekitar bekas kebakaran tahun lalu.

Tim melakukan patroli rutin ke beberapa lokasi strategis yang telah ditetapkan. Di antaranya adalah areal bekas kebakaran di beberapa grid kawasan TN Tesso Nilo. Selain itu, tim juga melakukan kunjungan ke pondok warga yang berdekatan dengan lokasi bekas kebakaran tahun 2023 untuk memberikan sosialisasi serta himbauan agar masyarakat tidak melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran hutan.

Salah satu temuan signifikan dalam patroli kali ini adalah adanya aktivitas yang berpotensi membahayakan di beberapa titik. Tim menemukan tiga orang yang sedang melakukan penyemprotan herbisida di belakang lokasi pembibitan BSH di Grid I18. Para pelaku mengaku diinstruksikan oleh seorang warga berinisial NG dari Toro. Tim dengan tegas memberikan peringatan dan menjelaskan potensi bahaya kebakaran yang dapat timbul di musim kemarau. Mereka kemudian diminta untuk segera meninggalkan lokasi dan merapihkan peralatan mereka.

Selain itu, tim juga menemukan empat orang sedang melakukan penanaman sawit di dalan kawasan. Mereka mengaku bekerja atas perintah oknum masyarakat berinisial MR, dari  Toro Jaya. Tim segera memberikan peringatan kepada mereka untuk tidak melanjutkan aktivitas tersebut dan segera meninggalkan kawasan TN Tesso Nilo.

Secara keseluruhan, tim patroli mencatat adanya peningkatan aktivitas potensial yang dapat menyebabkan kebakaran. Hal ini menjadi perhatian serius mengingat pendekatan musim kemarau yang semakin mendekat. Tim Patroli Pencegahan Kebakaran SPTN II Baserah mengungkapkan semoga upaya yang dilakukan dapat membantu mencegah terjadinya bencana kebakaran hutan dikawasan TN Tesso Nilo