TIM PATROLI KARHUTLA SPTN WILAYAH II BASERAH PASANG SPANDUK PERINGATAN DI TITIK-TITIK AREAL RAWAN KARHUTLA

Berita130 Views

TNTN, 27 September 2023 – Tim patroli pencegahan kebakaran hutan SPTN Wilayah II Baserah melaksanakan penyusuran hutan di areal Resort Nilo dan Risort Situgal SPTN Wilayah II Baserah.

Tim bergerak menuju Resort Nilo dan melakukan pengecekan serta pemasangan spanduk peringatan dilokasi kebakaran yang terjadi pada sehari sebelumnya. Tim mendapati masih terdapat bara api di beberapa batang kayu, tim kemudian melakukan pemadaman dan pendinginan kepada bara-bara api. Tim berkeliling disekitar lokasi kebakaran dan memantau areal-areal terdekat. Lokasi sekitar diidentifikasi rawan karhutla karena semak belukar yang kering, cuaca panas dan jalur sangat aktif dilalui masyarakat. Tim menyampaikan akan terus memantau dan melakukan pencegahan pada areal ini.

Tim kemudian lakukan pemasangan spanduk peringatan di 3 lokasi berbeda yang dinilai startegis dan dilalui masyarakat. Beranjak ke lokasi lainnya, tim menemukan kebakaran pada areal tersebut. Tim melakukan lokalisir dan memantau api hingga sore. Kondisi areal terdapat sedikit sisa-sisa kebakaran sebelumnya. Tim akan memantau kembali kebakaran pada esok hari.

Tim menuturkan patroli karhutla akan lebih ditingkatkan lagi sebagai pencegahan karhutla terjadi kembali. Tindakan hukum Yang tegas akan dilakukan untuk memberi efek jera kepada pelaku pembakaran hutan. Tim patroli karhutla akan terus memantau kawasan dan siaga dalam mencegah dan menanggulangi karhutla.