TIM PATROLI KARHUTLA SPTN WILAYAH I LKB HIMBAU MASYARAKAT TIDAK BAKAR KAWASAN

Berita113 Views

TNTN, 26 – 27 September 2023 – Tim patroli kebakaran hutan dan lahan SPTN Wilayah I LKB giatkan pencegahan karhutla di areal Resort Lancang Kuning, SPTN Wilayah I LKB. Tim patroli bergerak menuju grid yang telah ditentukan sebelum melaksanakan patroli.

Saat dalam perjalanan lokasi yang dimaksud, tim melihat adanya tanda-tanda bekas alat berat pada jalan yang dilalui, kemudian tim langsung menelusuri jalan tersebut. Tim menemukan satu unit alat berat berjenis eskavator yang sedang diperbaiki karna rusak dan empat orang yang ada di TKP alat berat tersebut. Tim langsung memberikan peringatan keras secara lisan kepada empat orang yang berada di TKP untuk sesegera mungkin mengeluarkan alat dari dalam kawasan TN Tesso Nilo.

Sebagai upaya pencegahan kejadian serupa, Tim juga menjumpai dengan ketua-ketua RT setempat untuk berkoordinasi mengenai alat berat yang di jumpai oleh tim, dan tim juga meminta kepada ketua-ketua RT agar selalu mengingatkan dan mensosialisasikan warganya untuk tidak melakukan pembukaan hutan dan pembakaran lahan. Selain itu tim juga memasang spanduk larangan kebakaran dititik-titik rawan kebakaran

Tim melanjutkan patroli pada hari berikutnya bergerak menuju Resort Lancang Kuning dimana yang terdapat bekas areal kebakaran. Tim menemukan beberapa areal bekas kebakaran dan banyak nya imasan yang rawan kebakaran dan juga menjumpai pondok masyarakat di dekat bekas areal kebakaran. Di sekitar areal bekas kebakaran, tim juga memasang spanduk larangan kebakaran dititik-titik rawan kebakaran. Selama dua hari melaksanakan patroli, tim tidak menemukan aktivitas tindak kejahatan kehutanan, tim kembali ke posko kebakaran dan patroli akan di lanjutkan oleh tim berikutnya. .