Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PATROLI KARHUTLA SPTN WIL I LKB PATROLI DIWILAYAH RAWAN KARHUTLA

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Tim Patroli Karhutla SPTN Wilayah I LKB, kembali giatkan upaya mencegah kebakaran hutan TN  Tesso Nilo. Tim, telah melaksanakan patroli intensif di beberapa grid pada wilayah ini.

Pada hari pertama tim melanjutkan patroli di Resort Air Hitam Bagan Limau. Mereka berhasil mengidentifikasi dan memusnahkan bibit kelapa sawit yang ditemukan ditanam didalam kawasan. Tim menandai koordinat lokasi tersebut untuk tindakan lebih lanjut. Aksi ini merupakan bagian dari upaya tim untuk melindungi keanekaragaman hayati hutan hujan tropis yang rentan terhadap kebakaran.

Berikutnya tim mengunjungi areal krusial lainnya  di Sungai Bomban dan berhasil memastikan bahwa tidak ada aktivitas perambah atau lokasi yang rawan terbakar di area tersebut.

 

Puncak kegiatan patroli ini, ketika tim menemukan jejak alat berat di Lubuk Balai Camp Sitanggang. Meskipun mereka tidak menemukan alat berat yang bersangkutan, kehadiran jejak ini menunjukkan potensi ancaman terhadap kawasan hutan ini. Selain itu, tim juga menemukan jejak baru pembukaan jalan yang perlu dipantau lebih lanjut.

Namun, perjalanan tim tidak selalu mulus. Pada saat melintasi rakit di arah Kenayang, mereka menemukan sejumlah bahan bakar solar yang diduga digunakan untuk operasional alat berat ilegal. Meskipun demikian, situasi di lapangan memaksa mereka untuk tidak mengambil tindakan apapun mengingat adanya intimidasi dari masyarakat setempat.

Tim Patroli Karhutla juga menghadapi tantangan lainnya seperti jejak jembatan baru yang dibangun di lokasi terpencil, yang dapat mengakibatkan akses ilegal lebih jauh ke dalam kawasan TN Tesso Nilo. Tim ungkapkan akan mengambil langkah tegas berikutnya untuk menghancurkan infrastruktur ilegal ini demi menjaga integritas kawasan yang dilindungi.

Dengan semua tantangan ini, upaya tim patroli Karhutla bukan hanya sekadar menjaga kelestarian hutan, tetapi juga melindungi kawasan yang merupakan habitat berbagai spesies langka. Koordinasi dan kerjasama seluruh insur diharapkan dapat ditingkatkan untuk mengatasi ancaman yang semakin kompleks terhadap kawasan TN Tesso Nilo.

Categories: Berita