Taman Nasional Tesso Nilo

TIM PATROLI CEGAH KEBAKARAN SWEEPING SPTN WILAYAH I LUBUK KEMBANG BUNGA, TINDAK PENDUDUKAN LAHAN ILEGAL

Published by Humas TNTN on

TNTN, 24 s.d 27 April 2024 – Dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan yang kerap terjadi, tim dari SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga menggelar patroli intensif selama empat hari, mulai Rabu (24/4) hingga Sabtu (27/4). Patroli ini bertujuan untuk memantau kondisi terkini dan mengambil tindakan preventif di beberapa grid yang rawan kebakaran.

Dilengkapi dengan peta kawasan, smart phone, dan kendaraan roda dua, tim memulai aksinya dengan persiapan logistik dan peralatan. Di hari pertama, patroli menyasar areal-areal dengan tingkat tipihut tinggi. Pada  lokasi ini, mereka menemukan dua orang oknum masyarakat  dari Bukit Kesuma yang sedang mendirikan pondok tanpa izin. Tim tidak segan memberikan peringatan keras dan meminta mereka untuk membongkar pondok tersebut dan meninggalkan area itu.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan ke areal lain. “Kami menemukan beberapa area di grid ini yang sangat rawan terjadi kebakaran, tetapi tidak ada orang di lokasi tersebut,” kata Muhammad Pajjraini selaku ketua tim patroli .

Patroli berlanjut ke hari kedua dengan fokus areal lainnya. Di areal ini, tim kembali menemukan potensi bahaya kebakaran. “Kami mendatangi beberapa pondok warga, memberikan himbauan untuk tidak membakar lahan mereka. Selain itu, kami juga mengusir dua orang oknum masyarakat  yang mengaku dari wilayah Ukui yang kedapatan sedang mengolah lahan,” lanjut Ajay.

Kegiatan patroli ini merupakan bagian dari komitmen SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga dalam menjaga kestabilan ekosistem dan mencegah bencana kebakaran yang dapat merugikan banyak pihak. “Kami akan terus memonitor dan melakukan tindakan preventif untuk menjaga keamanan kawasan dari kebakaran,” tutup Muhammad Pajjraini, mengakhiri rangkaian patroli.

Categories: Berita