Taman Nasional Tesso Nilo

TEMUKAN SAWIT BARU TANAM, TIM PIKET TNTN CABUT DAN MUSNAHKAN TANAMAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 20 – 21 Februari 2023 – 10 (Sepuluh) orang petugas TN Tesso Nilo giatkan kegiatan piket penjagaan dan patroli hutan alam di kawasan TN Tesso Nilo SPTN Wilayah I LKB dan SPTN Wilayah II Baserah.

Tim melakukan patroli di Resort Lancang Kuning, menindaklanjuti adanya laporan jual beli lahan di areal RHL 2019 dan RHL 2021. Sebelumnya Tim menuju lokasi dimana Petugas TN Tesso Nilo pernah merobohkan pondok di Areal RHL 2021, namun Tim tidak menemukan adanya kegiatan tipihut. Tim melakukan penaburan biji di lokasi terbuka bekas pondok yang dirobohkan.

Berikutnya Tim melakukan Patroli di hutan alam di Resort Lancang Kuning, lokasi dimana Tim Piket sebelumnya menemukan bukaan hutan baru , dan tim sudah tidak menemukan adanya aktivitas pembukaan baru lagi. Selanjutnya Tim kembali menyisir Areal RHL 2019 dan 2021 hingga menuju lokasi pondok perambah yang sebelumnya telah dirobohkan petugas pada tahun 2021. Pada lokasi ini terdapat cat-cat merah masih baru yang ditengarai pengkaplingan lahan oleh masyarakat dan beberapa lokasi telah di imas/tebas. Di area dekat bekas pondok perambah yang berada di areal RHL 2021, tim juga menemukan tanaman sawit yang kurang lebih berumur 2 bulan. Tim kemudian langsung mencabut dan memusnahkan beberapa tanaman sawit yang dijumpai.

Tim kemudian melanjutkan patroli menuju daerah kenayang, tim menjumpai pekerja RHL yg sedang melakukan penyulaman. Tim menghimbau kepada para pekerja agar berhati-hati dalam bekerja dan waspada kebakaran hutan, serta segera melaporkan kepada petugas TN Tesso Nilo apabila menemukan aktivitas penanaman sawit di areal RHL. Tim megakhiri patroli dikarenakan hari sudah mulai gelap dan kembali ke camp piket untuk persiapan piket esok hari.