TEMUKAN BEKAS CAKARAN HARIMAU DAN JEJAK SATWA LAINNYA, PETUGAS : OPTIMIS HUTAN ALAM MASIH STRATEGIS

Uncategorized112 Views

TNTN, 10 – 14 Juni 2023 – Patroli Penjagaan Hutan Alam TN Tesso Nilo intensif dilakukan dalam piket penjagan kawasan hutan. Tim piket yang terdiri dari 6 orang personil gabungan melakukan penyusuran kawasan hutan di SPTN Wilayah I LKB.

Pada hari pertama, disepanjang perjalanan tim tidak mendengar dan melihat adanya kegiatan ilegal yang terjadi didalam kawasan. Tim dibuat senang karena menjumpai adanya 2 bekas cakaran harimau dan jejak tapir diareal hutan alam, Diareal lainnya tim juga mendengar adanya suara Owa /Ungko di perbatasan antara hutan alam dan bukaan hutan dengan jarak suara kurang lebih 300 M dari posisi tim berada. hal ini membuktikan bahwa hutan alam TN Tesso Nilo masih strategis sebagai habitat satwa liar.

Pada hari kedua , tim bergerak dari kantor SPTN Wilayah I LKB menuju Resort Air Hitam, simpang sialang muluk. Tim melakukan pemasangan beberapa plang larangan di dalam kawasan hutan alam, guna memberikan imbauan kepada orang-orang untuk tidak melakukan kegiatan ilegal didalam kawasan, sehingga kawasan hutan alam bisa terus tetap terjaga dan terhindar dari kerusakan.

Didalam perjalanan tim menemukan adanya jerat / getah yang dipasang oleh oknum untuk menjerat burung, tim langsung melakukan pemusnahan pada jerat tersebut dengan cara dipatah-patahkan dan getahnya diambil dan dibawa keluar dari dalam kawasan. Selama kegiatan tim tidak mendengar dan melihat adanya aktivitas ilegal baru yang terjadi didalam kawasan hutan alam. Tim memutuskan kembali ke titik awal untuk mempersiapkan patroli berikutnya.