Taman Nasional Tesso Nilo

TAK INDAHKAN PERINGATAN PETUGAS, PONDOK KAYU PERAMBAH DIBAKAR PETUGAS

Published by Humas TNTN on

TNTN, 10-19 Juni 2023 – Tim piket penjagaan kawasan SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga melakukan patroli bersama dengan masyarakat di areal Resort Air Hitam, SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga.
Personil yang berjumlah 10 orang melaksanakan piket jaga secara mandah didalam kawasan. Tim menuju Lubuk Balai, diperjalanan tim melakukan pembersihan jalan dari tumbangan resam, dan semak belukar sekitar 350 meter menuju pinggir Sungai Nilo di Lubuk Balai. Tim mendirikan Camp Mandah, tidak ditemukan adanya aktifitas Tipihut.

Pada hari kedua, tim melakukan patroli di menuju Grid G20, diperjalanan tim melakukan pembersihan jalan dari tumbangan kayu. Tim tiba di Pondok Besar Perambah yang ditangkap tim Patroli sebelumnya, kondisi pondok sudah kosong ditinggalkan dimana tidak terdapat lagi peralatan yang ada sebelumnya. Di camp tersebut tim melakukan pemasangan papan larangan.

Tim kemudian melanjutkan patroli menuju pinggir Sungai Nilo. Disepanjang jalan tim mendapati areal hutan yang telah dibuka oleh alat berat dan beberapa titik masih terdapat bekas aktifitas pengelolahan kayu yang belum lama ditinggalkan. Tim sampai dipingir Sungai Nilo dimana terdapat Ponton Penyebrangan Motor yang merupakan sarana masuk utama bagi para perambah untuk menumbang di Simpang Shinta dan sekitarnya. Tim kemudian memutus Tali Sling Ponton tersebut agar tidak dapat digunakan kembali. Tim juga memasang plang larangan di tempat tersebut.

Dalam perjalanan patroli, tim mendapati pondok yang ditinggalkan. Tanpa pikir panjang tim kemudian membakar pondok tersebut. Tim melanjutkan patroli, dan mendapati pondok berikutnya. Tim lalu menyita 1 unit mesin Chainsaw, memusnahkan sekitar 500 polybag bibit sawit dan juga membakar pondok tersebut. Disampaikan areal perambahan pondok yang dibakar ini, pada pertengahan bulan Juni lalu merupakan areal kebakaran dimana dilakukan pemadaman dengan Helikopter Water Bombing.

Hari berikutnya tim melakukan pembersihan jalan di Grid F22 dan F21 dan tidak menemukan adanya aktifitas Tipihut. Tim melakukan patroli sekaligus pembersihan jalur patroli. Tim kembali ke lokasi mandah dan melakukan persiapan untuk melakukan pergantian tim piket berikutnya

Categories: Berita