Taman Nasional Tesso Nilo

TAK HENTI GIATKAN PENJAGAAN HUTAN, TIM PIKET LAKUKAN PATROLI DAN KOORDINASI

Published by Humas TNTN on

TNTN, 22 Januari 2023 – Tim piket penjagaan hutan TN Tesso Nilo giatkan patroli di areal SPTN Wilayah I LKB, dan SPTN Wilayah II Baserah. Pada areal SPTN Wilayah I LKB,  Tim piket berpatroli di  daerah kenayang Resort Lancang Kuning Air Sawan. Tim melakukan pengecekan pada areal bekas kebakaran serta pondok yang sudah d robohkan oleh tim piket sebelumnya. Untuk mempercepat proses pemulihan ekosistem pada areal terbakar tim juga melakukan penaburan biji sekitar areal terbuka. Tim tak luput melakukan patroli d areal sungai sawan dan melakukan pemasangan plang pada areal sekitar.

Pada areal SPTN Wilayah II Baserah Tim melakukan patroli darat ke arah bekas lahan bukaan dan TKP penangkapan alat berat. Tim menemukan dua unit motor dicurigai ada oknum sedang melakukan imasan di dekat TKP penangkapan alat berat , tetapi tidak menjumpai oknum tersebut.  Kemudian tim melakukan sebar benih di sekitar areal.

Pada hari yang sama, Tim piket SPTN Wilayah I LKB juga melakukan pendampingan terhadap wisatawan yang berkunjung ke camp flying squad TN Tesso Nilo. Dalam kunjungan ini, wisatawan diberikan edukasi gajah oleh tim mahout flying squad dan diajak untuk melakukan patroli gajah disekitar sungai perbekalan. Wisatawan juga diajak untuk memandikan gajah disungai. Terakhir, tim piket bersama dengan para tamu berdiskusi tentang pengelolaan TN Tesso Nilo.

Usai melakukan patroli dan pemdampingan tamu, tim piket  melakukan koordinasi d Kantor RAPP Sei Lanjut, terkait dengan pengamanan batas kawasan TN Tesso Nilo dengan PT. RPI, PT. Rimba Lazuardi dan PT. Putri Lindung Bulan, serta diskusi terkait penanganan kasus penangkapan alat berat oleh pihak perusahaan