SIAGA KARHUTLA, PETUGAS TNTN TINGKATKAN PATROLI HUTAN

Berita116 Views

TNTN, 28 s.d 29 September 2023 – Tim patroli pencegahan kebakaran hutan SPTN Wilayah II Baserah tingkatkan patroli untuk antisipasi dan penanganan kebakaran hutan dan lahan pada areal kawasan TN Tesso Nilo, Resort Nilo, SPTN Wilayah II Baserah.

Tim patroli dibagi menjadi 2 tim kecil dimana sebagian melakukan patroli dan melangsir Bibit di lokasi penanaman pemulihan ekosistem dan sebagian lagi melakukan patroli menggunakan sepeda motor diareal bekas kebakaran.

Tim melakukan patroli ke resort Nilo dan kembali melakukan pengecekan diareal bekas kebakaran yang terjadi sebelumnya. Petugas melaporkan masih terdapat bara api di beberapa batang kayu, dan dilakukan pemadaman dan pendinginan oleh petugas. Kemudian tim berkeliling disekitar lokasi kebakaran dan memantau lokasi sekitar yang sangat rawan karhutla, karena banyak bahan bakar, cuaca panas kering dan jalur sangat aktif dilalui masyarakat.

Upaya pencegahan lainnya juga dilakukan petugas dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk tidak melakukan tindak pidana kehutanan khususnya tidak membakar lahan dan hutan. Tim juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar lokasi PE tentang pentingnya menjaga kawasan hutan.

Pada hari berikutnya tim kembali berpatroli pada beberapa areal sekaligus diantaranya Resort Situgal, Resort Onangan dan Resort Nilo, SPTN Wilayah II Baserah. Tim giatkan groundcheck hotspot di Resort Situgal dan Silaturahmi ke tokoh masyarakat di Toro Jaya. Saat melakukan Groundcheck hotspot di Resort Situgal, tim tidak menemukan adanya bekas kebakaran. Pada tokoh masyarakat Toro Jaya, tim memberikan sosialisasi mengenai pentingnya tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Sosialisasi kepada tokoh masyarakat ini diharapkan dapat diteruskan kepada masyarakat Toro Jaya lainnya.

Tim selanjutnya melakukan patroli darat menuju areal bekas kebakaran beberapa waktu lalu DAN menemukan areal tersebut baru saja terbakar kembali. Sumber api sudah padam diperkirakan karena bahan bakar telah habis. Selain itu tim juga mendapati areal tersebut baru saja ditanami sawit, diperkirakan baru berumur beberapa hari. Tim berupaya mencabt tanaman sawit dan juga menambah plang peringatan di areal bekas kebakaran tersebut. Patroli pencegahan dan penanganan karhutla berjalan aman dan tim secara gabungan baik tim darat maupun tim udara terus pantau hotspot dikawasan hutan TN Tesso Nilo.