Taman Nasional Tesso Nilo

RAPAT PENANGANAN KONFIK GAJAH LIAR

Published by Humas TNTN on

Pangkalan Kerinci, 20 Desember 2022 – Dalam rangka mitigasi dan penyelesaian konflik gajah liar dan manusia di sekitar kawasan TN Tesso Nilo, telah dilaksanakan rapat penanganan konflik gajah di kantor Bupati Pelalawan, pada tanggal 20 Desember 2022 silam.

Bupati Pelalawan turut mengundang unsur-unsur terkait diantaranya Sekda Pelalawan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Pelalawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pelalawan, Yayasan Tesso Nilo, Balai TN Tesso Nilo, BBKSDA Riau, Kepala Bagian Pemerintahan dan Kerja Sama Pelalawan, Camat Langgam, Camat Ukui, Camat Pangkalan Kuras, dan Kepala-Kepala Desa Sekitar Kawasan.

Disampaikan dari rapat ini didapatkan solusi jangka pendek yakni Bupati Pelalawan akan membentuk dan mempersiapkan tim mitigasi rawan konflik di desa yang rawan konflik gajah di Pelalawan, Nantinya tim tersebut akan di latih dan dibina oleh BBKSDA Riau dan Balai TN Tesso Nilo. Selain itu telah disepakati bahwa blok kawasan hutan TN Tesso Nilo akan dijadikan sanctuary pelestarian gajah sumatera sebagai wilayah sistem penyangga kehidupan gajah dihabitatnya. Rapat berlangsung dengan kondusig, dan TN Tesso Nilo berharap rapat penanganan dan penyelesaian yang disepakati dapat berdampak baik untuk mencegah dan menyelesaikan konflik gajah liar kedepannya.