Taman Nasional Tesso Nilo

PIKET PENJAGAAN KAWASAN TN TESSO NILO, PETUGAS TEMUKAN FAKTA-FAKTA BERIKUT INI !!

Published by Humas TNTN on

TNTN, 10 s.d 19 Juni 2023  – Tim petugas TN Tesso Nilo lakukan Penjagaan hutan alam dan Penjagaan Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo bersama Masyarakat di Hutan Alam SPTN Wilayah I LKB, Resort Air Hitam.

Tim melakukan patroli dan menuju tempat camp untuk mandah dan mendirikan camp di lokasi sialang muluk. Tim melakukan patroli dengan berjalan kaki sepanjang 2 Km mengitari Grid H21 dengan hasil tidak ada suara chainsaw dan aktivitas illegal logging. Pada areal ini tim kemudian melakukan pemasangan plang peringatan dijalur-jalur rintisan.  

Selanjutnya tim melakukan patroli dengan jalan kaki menuju Grid H20, Sungai Perbekalan dimana lokasi 3 Camp perambah yang telah dibakar dan ditangkap 1 orang pelaku pada kegiatan piket patroli sebelumnya. Setelah berjalan sekitar 4 km, tim tiba di lokasi target dan dilokasi tersebut tidak ditemukan adanya suara chainsaw dan aktivitas illegal logging.

Tim melanjutkan patroli sekitar 1 km didalam Grid H20, untuk mengecek jalan-jalan masuk yang dibuat oleh oknum masyarakat. Tim tidak menemukan adanya aktivitas illegal logging dan tim kemudian memasang plang peringatan di areal-areal jalan.

Tim patroli selanjutnya menuju Grid I21 menggunakan sepeda motor, di tengah perjalanan di Grid H21 sampai pertengahan I21 ditemukan 2 titik tumbangan baru yang menutupi jalan akses menuju Simpang Shinta. Tim kemudian melakukan pembukaan jalan dengan mesin chainsaw, sehingga akses menuju Simpang Shinta Grid I20 dapat dilalui kembali.

Tim berpatroli sampai di Grid I20, tim menemukan tanda rintisan yang bertuliskan nama oknum masyarakat. Tim kemudian mengambil bukti dokumentasi untuk laporan kepada pimpinan. Tim kemudian berbalik arah untuk melakukan patroli menuju Sungai Bomban di Grid I22 dengan melewati hutan di Grid I21.

Ditengah pèrjalanan di Grid I21 tim mendapati 2 orang pemburu satwa liar yang membawa 2 senapan angin. Tim kemudian menemukan Camp Mandah pemburu tersebut di Sungai Bomban, dimana terdapat 1 orang lagi pemburu. Ketiga pemburu  berasal dari Desa Ukui 2 Kec. Ukui yang sudah 1 malam berburu. Tim memberikan peringatan keras kepada para pemburu agar segera meninggalkan kawasan TNTN. Terakhir tim melakukan patroli di Grid G21 dan tidak ditemukan adanya aktivitas Tipihut. Tim kembali ke Camp Mandah dan mempersiapkan patroli esok hari.