Taman Nasional Tesso Nilo

PETUGAS PIKET TNTN PASANG PLANG PERINGATAN DISEPANJANG JALUR PATROLI DAN TEMUKAN JEJAK-JEJAK SATWA LIAR

Published by Humas TNTN on

TNTN, 21 – 25 Juli 2023 – Kegiatan patroli penjagaan hutan alam dikawasan TN Tesso Nilo tak henti-hentinya dilakukan. Enam orang personil petugas giatkan patroli kawasan hutan di SPTN Wilayah II Baserah. Selama lima hari penuh tim berjibaku didalam kawasan demi perlindungan dan penjagaan kawasan.

Pada hari pertama tim berpatroli dengan tujuan ke Resort Nilo, SPTN Wilayah II Baserah. Dalam perjalanan tim mendapat jejak dan bekas gesekan badan satwa gajah sumatera, tim memperkirakan gajah berjumlah 1 ekor dewasa dengan tinggi 3 meter. Tim melanjutkan perjalanan dan mendapati bekas rintisan dan juga penandaan dengan cat merah yang pada salah satu batang bertulis 400 m. Tim mencoba menyusuri rintisan tersebut dan menghapus tanda tanda cat. Tim juga memasang beberapa plang peringatan di sepanjang jalur patroli yang dilalui. Tim tidak mendengar dan tidak menemukan aktivitas illegal dalam kawasan TN Tesso Nilo.

Hari berikutnya tim kembali berpatroli pada areal lain dan mendapati jejak satwa tapir. Tim melanjutkan patroli dan menemukan temuan tumbangan yang diperkirakan dengan luas 0.5 hektar dan perkiraan usia temuan lebih dari 3 bulan yang lalu. Dalam perjalanan patroli tim mendapatkan kendala dikarenakan terdapat sungai anak air hitam sehingga motor tidak bisa lewat dan tim memutuskan melanjutkan patroli dengan berjalan. Tim menyusuri sungai dengan berjalan kaki.

Tim mendapati 6 orang dengan 6 sepeda motor yang mengaku dari daerah kenayang dengan tujuan hendak memancing, kepada masyarakat yang ditemui tim memberikan sosialisasi dan himbauan agar tidak melakukan hal ilegal di dalam kawasan. Tim lalu melakukan pemasangan plang di sepanjang jalur patroli.

Hari berikutnya, tim melajutkan patroli dan mendapati sebuah pondok yang pada bulan maret lalu sudah dimusnahkan namun terlihat kembali direnovasi. Tim memasang plang peringatan di pondok tersebut dan melakukan penaburan biji. Tim beralih ke areal lain dan menemukan lokasi bukaan yang sudah dipancang dan ditanam sawit, tanpa pikir panjang tim langsung memusnahkan sawit tersebut. Tim melakukan pemasangan plang peringatan disepanjang jalur patroli dan melakukan pemusnahan tanaman sawit dengan garlon serta melakukan penaburan biji pada lokasi lokasi terbuka.

Hari terakhir patroli tim melakukan patroli kearah Resort Nilo untuk Melakukan monitoring gangguan terhadap lokasi patroli hari sebelumnya. Tim tidak menemukan adanya gangguan terhadap plang peringatan yang telah dipasang. Tim melakukan pemasangan plang peringatan dan penaburan biji pada lokasi patroli pada lokasi-lokasi rawan perambahan.