Taman Nasional Tesso Nilo

PETUGAS PIKET TN TESSO NILO BUKA KEMBALI AKSES JALAN YANG DITUMBANG PERAMBAH

Published by Humas TNTN on

TNTN, 5 s.d 9 Juni 2023 – Tim piket penjagaan hutan TN Tesso Nilo lakukan patroli darat di areal SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Ukui, Pelalawan. Tim terdiri dari Polhut, PEH, dan PPNPN TN Tesso Nilo.

Hari pertama melakukan patroli, tim terkendala akses jalan yang sengaja ditutup dengan tumbangan oleh oknum perambah untuk mencegah aksesibilitas petugas Balai TNTN  untuk melakukan patroli, sehingga membuat mereka leluasa menumbang dan membuka hutan. Tim seketika langsung membuka sebanyak 2 titik akses jalan dari tumbangan tersebut menggunakan mesin pemotong kayu. Tim kemudian memasang plang larangan pada rintisan-rintisan yang ditemukan saat berpatroli. Tim juga menyebar biji-biji tumbuhan pada setiap titik tumbangan.

Hari berikutnya Tim patroli menuju pinggiran hutan, batas hutan alam dengan wilayah perambahan AM-Sungai Tapah guna mengecek aktivitas illegal logging. Tim kembali melakukan pemasangan plang larangan pada titik-titik rawan perambahan.

Hari ketiga piket penjagaan, tim berpatroli dari kantor SPTN I LKB menuju pinggiran hutan, batas hutan alam dengan wilayah perambahan Lubuk Balai-Teratak Rendah untuk mengecek aktivitas perambahan. Disepanjang perjalanan tim melakukan pembersihan jalan yang tertutup kayu dan  resam sepajang sekitar 1,3 km. Tim kembali melakukan pemasangan plang dan penabutan biji pada areal areal terbuka yang ditemui selama perjalanan. Tim menuturkan piket penjagaan hutan akan diperketat pelaksanaannya mengingat masifnya pembukaan hutan dan lahan oleh oknum masyarakat. Selain itu disampaikan pula bahwa penegakan hukum terhadap oknum-oknum terkait akan serius diberikan untuk memberikan efek jera.