Taman Nasional Tesso Nilo

PERJALANAN MISI PEMBERDAYAAN DI DESA LUBUK KEMBANG BUNGA DAN AIR HITAM: APA YANG DITEMUKAN?

Published by Humas TNTN on

TNTN, Mei 2024 – Tim SPTN Wilayah I LKB berkunjung ke Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam dari Sabtu hingga Kamis, 18-23 Mei 2024. Tim ini terdiri dari  penyuluh, PEH, dan PPNPN dengan tujuan memfasilitasi dan memperkuat potensi masyarakat setempat.

Tim bertemu dengan Kelompok Perempuan Batang Nilo untuk berdiskusi tentang bantuan yang mereka terima dari Balai Taman Nasional Tesso pada 2018. Hasilnya, bantuan masih berjalan dengan baik.

Tim juga memantau zona tradisional di sekitar Lubuk Balai, yang dikelola oleh beberapa kelompok termasuk Kelompok Perempuan Batang Nilo, Kelompok Sukajadi, dan Kelompok Nelayan Nilo Lestari.

Tim juga mengunjungi dua kelompok binaan di Desa Air Hitam. Tim menemukan beberapa fasilitas yang beberapa waktu lalu diberikan sudah tidak befungsi. Tim juga telah berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat untuk membahas program bantuan ekonomi produktif. Namun, kepala desa meminta waktu untuk mempelajari lebih lanjut.

Tim menuturkan kegiatan ini merupakan upaya tim dalam memberdayakan masyarakat Desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam. Semoga langkah-langkah yang diambil dapat memberikan dampak positif dan mewujudkan kemajuan bagi seluruh masyarakat.