Taman Nasional Tesso Nilo

PENGGIRINGAN GAJAH LIAR OLEH TIM MAHOUT TN TESSO NILO

Published by Humas TNTN on

TNTN, 29 – 30 April 2023 – Tim mahout flying squad TN Tesso Nilo melaksanakan patroli pencegahan konflik satwa di Desa Kesuma, Kecamatan Pangkalan Kuras, Kabupaten Pelalawan, Riau. Patroli konflik satwa dilakukan setelah mendapatkan informasi dari masyarakat mengenai keberadaan gajah liar disekitar kebun milik masyarakat. Tim berangkat dari SPTN Wilayah I Lubuk Kembang bunga dengan lama perjalanan lebih kurang 3 jam.

Sesampainya dilokasi tim berkoordinasi dengan masyarakat mengenai keberadaan gajah liar tersebut. Beberapa saat setelah itu tim kemudian langsung menyusuri lokasi dan menemukan jejak terbaru dari gajah liar. Setelah jejak tersebut ditelusuri, tim menemukan penampakan gajah liar sebanyak 2 ekor dengan jenis kelamin jantan diantaranya 1 ekor gajah dewasa dan 1 ekor gajah remaja.

Tim seketika mencoba melakukan penggiringan namun belum berhasil. Dikarenakan hari sudah gelap, tim memutuskan untuk melanjutkan penggiringan pada hari berikutnya sembari menyusun strategi untuk penggiringan gajah liar masuk kembali kedalam hutan.

Pada hari kedua patroli satwa, Tim mahout flying squad TN Tesso Nilo memulai penggiringan gajah liar dengan mencari jejak terbaru. Tim menemukan bekas pakan/tanaman sawit yang baru dimakan. Beberapa waktu melakukan penyusuran, tim tak jua menemukan gajah liar tersebut. Didalam perjalanan tim lalu menemukan kotoran gajah yang terlihat masih baru, dan menjadi petunjuk bagi tim untuk arah pencarian gggajah liar.

Setelah beberapa lama menyusuri lokasi, tim kemudian akhirnya menemukan gajah liar tersebut sedang beristirahat dan tertidur. Tim memantau pergerakan dari gajah tersebut dan melakuka penggiringan gajah liar untuk masuk kembali kedalam kawasan. Sayang nya setelah 3 jam berjibaku melakukan penggiringan tim belum berhasil menggiring gajah keluar dari areal perkebunan masyarakat karena kendala wahana yang dipenuhi oleh semak belukar. Karena hari sudah mulai gelap/malam, tim memutuskan untuk istrahat dan di lanjutkan esok hari.