Taman Nasional Tesso Nilo

PENDAMPINGAN/ MONITORING DESA BINAAN KE DESA GUNUNG MELINTANG – SPTN WILAYAH II BASERAH

Published by Humas TNTN on

Baserah, 24-26 Januari 2023 – Petugas Penyuluh dan Kepala Resort Nilo TN Tesso Nilo melaksanakan pendampingan / monitoring desa binaan ke Desa Gunung Melintang SPTN Wilayah II Baserah. Pada hari pertama 24 Januari 2023, Tim melakukan diskusi/rapat pemecahan permasalahan pada kelompok budidaya Sapi Bali yaitu adanya perubahan nama Kelompok dan pergantian/perubahan anggota kelompok, dimana sebelumnya sapi dirawat oleh masyarakat Desa Gunung melintang diluar anggota kelompok KTH.

Disampaikan oleh petugas, Saat ini jumlah sapi sebanyak 3 ekor (2 ekor indukan, 1 ekor anakan) dengan kondisi 2 ekor indukan tersebut sedang dalam keadaan bunting. Setelah dilakukan diskusi bersama, disepakati bahwa kelompok lama (KTH Maju Bersama) diubah namanya menjadi KTH SAKATO dengan jumlah anggota sebanyak 15 orang. Hasil musyawarah dituangkan dalam Berita Acara Musyawarah. Dalam berita acara telah disepakati pengurus kelompok dan aturan kerja kelompok terkait pemeliharaan sapi.

Hari kedua 24 Januari 2023, Tim melakukan kunjungan ke kebun anggota KTH Pinang Balirik. dalam kunjungan diketahui pinang yang telah ditanam pada tahun 2019, sudah mulai belajar berbuah, dan sudah mulai dipanen sejak Bulan Oktober 2022. Dari 500 batang pinang,150 batang sudah berbuah dengan hasil sebanyak 20 kg buah kering. Disampaikan oleh KTH, Pemanenan dilakukan dengan jarak waktu 1 bulan sekali saat panen pertama dan waktu pemanenan akan menjadi 2 kali dalam seminggu saat Pinang berbuah normal. Tinggi tanaman saat ini sudah mencapai 8-9 meter dengan diameter batang 12-15 cm.

Pada hari terakhir, 26 Januari 2023 tim melakukan monitoring kepada KTH Perempuan Kreatif Bersama. Tim melakukan diskusi terkait perkembangan kegiatan jahit yang dilakukan oleh anggota KTH. Kegiatan jahit KTH masih berjalan, saat ini kelompok sedang mengerjakan pesanan berupa pembuatan gorden untuk kantor Desa Gunung Melintang. Selain dibidang jahit, kelompok juga berkembang dibidang kuliner dengan menerima pesanan untuk acara rapat desa dan pesta di lingkup Desa Gunung Melintang.

Pendampingan dan monitoring berlangsung dengan lancar, dan para petugas berharap pendampingan rutin ini dapat memantau dan membantu KTH dalam melaksanakan program kerja serta dapat membantu menyelesaikan hambatan dan tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya.