Taman Nasional Tesso Nilo

Pemeliharaan Batas TNTN: Komitmen Menjaga Kawasan Hutan Wilayah II Baserah

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Sebuah upaya besar dalam menjaga ketepatan lokasi batas Kawasan TN Tesso Nilo terus dilakukan oleh tim SPTN Wilayah II Baserah. Kegiatan ini telah menghasilkan pencapaian yang signifikan setelah seminggu penuh beroperasi di lapangan.

Tim petugas ini telah berhasil melakukan pemeliharaan batas sepanjang 8 kilometer di Desa Segati dan Desa Pkl. Gondai. Proses ini melibatkan koordinasi intensif dengan pemerintah desa setempat serta tokoh masyarakat, termasuk Ketua RW dan RT yang berkomitmen untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Kami mengawali kegiatan dengan persiapan yang matang dan koordinasi yang baik dengan pihak terkait. Hasilnya, kami dapat menyelesaikan pemeliharaan batas  dengan presisi yang tinggi.” Terang petugas

Kepala Desa Gondai, Bpk. Aman L., mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh tim dalam menjaga kejelasan dan legalitas kawasan hutan tersebut. “Kami berharap kegiatan ini dapat terus dilanjutkan untuk menjaga batas-batas yang telah ditetapkan, memberikan kepastian hukum, serta mengedukasi masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Dari hasil evaluasi, tidak ditemukan lagi PAL batas yang sudah terpasang sebelumnya, menunjukkan efektivitas dari upaya pemeliharaan yang telah dilakukan. Hal ini menjadi dorongan bagi tim untuk terus melanjutkan pemeliharaan di masa mendatang.