Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI SPTN WILAYAH II BASERAH, PETUGAS LAKUKAN PENDEKATAN PERSONAL DAN AJAK MASYARAKAT STOP RAMBAH HUTAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 9 – 10 Mei 2023 – Petugas SPTN Wilayah II Baserah lakukan patroli darat di areal Resort Onangan dan Resort Onangan Nilo SPTN Wilayah II Baserah.

Tim memfokuskan patroli di areal-areal yang rawan dengan  rawan akan aktifitas illegal. Tim juga melakukan dan melanjutkan aksi pencabutan bibi-bibit sawit yang telah ditanam oleh para pelaku perambahan yang telah di adili oleh Pengadilan Negeri Pelalawan sebanyak lebih kurang 100 bibit tanaman.

Selanjutnya tim melakukan sosialisasi ke masyarakat yang ada disekitar kawasan agar menghentikan aktifitas mereka untuk membuka lahan  dan mengajak metereka untuk bermitra dengan TN Tesso Nilo dalam hal hak kelola kawasan dengan sistem kelompok tani.

Pada hari kedua, saat tim melakukan patroli disekitar hutan alam tim menemukan 1 unit sepeda motor masyarakat yang diduga sedang melakukan aktivitas penebasan areal. Tim berupaya mencari pelaku tapi tidak ditemukan. Selanjutnya tim melanjutkan patroli dan tim melihat kepulan asap hitam yang membumbung tinggi di sekitar hutan alam. Tim berupaya melakukan ke titik api yang dimaksud,tapi diperjalanan 2 unit armada kendaraan roda 2 yang digunakan tim mengalami kerusakan, akhirnya tim memutuskan untuk melakukan perbaikan di bengkel terdekat. Setelah kendaraan baik,tim melanjutkan perjalanan mengejar titik api yang dimaksud.

Sembari  menunggu sepeda motor baik kembali , tim tetap  melakukan sosialisasi ke masyarakat perambah  agar menghentikan aksi mereka untuk menanam kelapa sawit dan bermitra dengan TN Tessso Nilo dalam hal hak kelola kawasan dengan sistem kelompok tani.

Setelah melanjutkan perjalanan ke sumber asap, tim tiba dilokasi dan menjumpai areal kawasan hutan yang sedang terbakar. Dilokasi tim menemukan alat bukti pembakaran seperti minyak namun tidak menemukan pelaku ppembakaran. Tim kemudian sebisa mungkin memadamkan lahan yang terbakar dan segera membuat laporan untuk ditindaklanjuti.