Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI PENGAMANAN DAN PENJAGAAN HUTAN ALAM, PETUGAS PIKET TNTN HALAU PERAMBAH HUTAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 4 s.d 7 September – SPTN Wilayah I LKB TN Tesso Nilo giatkan patroli pengamanan dan penjagaan hutan alam bersama masyarakat di areal Resort Lancang Kuning, SPTN Wilayah I LKB.

Tim berpatroli ke arah Resort Lancang Kuning, dan menjumpai 3 orang perambah yang mengaku
baru beberapa hari di dalam kawasan. Tim patroli langsung memberikan arahan dan peringatan atas tindakan mereka. Petugas kemudian membongkar pondok serta memerintahkan mereka untuk segera meninggalkan kawasan TN Tesso Nilo.

Tim piket penjagaan melanjutkan patroli bergerak menuju arah pondok perambah yang ditemukan oleh tim piket sebelumnya. Tim di sepanjang perjalanan tidak melihat dan mendengar adanya tindakan ilegal didalam kawasan.

Pada hari berikutnya tim piket langsung menuju Resort Bagan Limau, dikarenakan tim mendapat laporan bahwasanya terdapat alat berat yang berada di dalam kawasan TN Tesso Nilo. Sesampainya dilokasi, alat berat terlihat tidak sedang melakukan aktivitas, diperkirakan alat berat tersebut dalam kondisi rusak.

Demi kelancaran dan keselamatan petugas, tim memutuskan kembali ke kantor SPTN Wilayah I LKB untuk mempersiapkan dan menentukan strategi untuk mengeksekusi alat berat tersebut.