Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI PENGAMANAN DAN PEMULIHAN EKOSISTEM, TIM TANAM BIBIT MAHONI DI AREA-AREA TERBUKA

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Tim patroli pengamanan dan pemulihan ekosistem TN  Tesso Nilo melakukan patroli di SPTN Wilayah I LKB dari 12 hingga 14 Juni 2024. Dalam perjalanan, tim patroli mencatat beberapa temuan penting untuk pelestarian hutan:

Tim berhasil mencatat perjumpaan langsung dengan 3 ekor burung Halcyon smyrnensis, yang menunjukkan keberhasilan konservasi habitat burung di TN Tesso Nilo.Namun tim mengungkapkan juga  menemukan satu pohon meranti yang sudah ditebang dan diolah menjadi kayu reng. Tim yang memperoleh penemuan illegal loging ini ungkapkan kegiatan ilegal akan segera ditindaklanjuti.

Selain itu, tim melihat bahwa area bekas kebakaran sedang ditanami dengan tanaman sawit.. Langkah ini perlu dievaluasi dampaknya terhadap pemulihan alamiah ekosistem hutan. tanaman sawit baru ini akan segara dilakukan pemusnahan oleh petugas

Sebagai upaya pemulihan ekosistem, tim melakukan penanaman bibit mahoni pada areal terbuka. Mahoni dipilih karena keunggulannya dalam memperbaiki keanekaragaman flora di hutan. Tim ungkap akan terus melakukan peningkatan intensitas patroli untuk memastikan keberlanjutan upaya pelestarian hutan. Ini menjadi langkah penting dalam menjaga kelestarian alam dan mencegah aktivitas ilegal yang merusak ekosistem Taman Nasional Tesso Nilo.