Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI PENCEGAHAN KEBAKARAN HUTAN DI TAMAN NASIONAL TESSO NILO: TIM PATROLI MENGHADAPI TANTANGAN DAN KEBERHASILAN TEMUAN SATWA LANGKA

Published by Humas TNTN on

TNTN, Juni 2024 – Selama empat hari berturut-turut, Tim Patroli Pencegahan Kebakaran Hutan di Kawasan Taman Nasional Tesso Nilo telah aktif melakukan patroli intensif di sekitar kawasan SPTN Wilayah I LKB. Didukung oleh sejumlah peralatan termasuk roda empat dan roda dua, peralatan mandah, parang, chainsaw, dan drone, tim berhasil melaksanakan tugasnya dengan penuh dedikasi.

Tim melakukan patroli dengan fokus utama membersihkan jalur patroli menuju simpang Sinta. Meskipun menghadapi beberapa kendala, termasuk kerusakan pada chainsaw, tim berhasil meneruskan patroli dengan menggunakan drone untuk memantau kondisi sekitar pos jaga.

Hari-hari berikutnya, kesabaran dan kerja keras tim membuahkan hasil. Tim berhasil membersihkan jalur patroli sepanjang sekitar 350 meter, sehingga jalur  patroli menuju simpang Sinta kini dapat dilalui dengan lancar.

Hari terakhir patroli, tim melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Tim menemukan berbagai jejak satwa langka seperti tapir, babi hutan, beruang madu, musang, dan bahkan gajah. Tidak hanya itu, tim juga mencatat keberadaan pohon-pohon besar dan langka seperti pohon batu dan pohon punggai.

 

Dengan pencatatan hasil temuan yang teliti menggunakan aplikasi mobile cerdas, Tim Patroli menegaskan pentingnya menjaga kelestarian hutan. Mereka menuturkan akan terus melakukan patroli rutin di hutan yang masih terjaga kelestariannya, serta patroli gabungan  guna memastikan keamanan lebih lanjut. Melalui dedikasi dan ketekunan mereka, Tim Patroli telah menunjukkan komitmen mereka untuk menjaga kelestarian Taman Nasional Tesso Nilo.