PATROLI PENCEGAHAN KARHUTA, TIM TNTN PASANG SPANDUK LARANGAN DAN PADAMKAN TITIK HOTSPOT

Berita110 Views

TNTN 13 sd 17 Oktober 2023 – Patroli pencegahan kebakaran terus dilakukan oleh petugas TN Tesso Nilo. Tim yang tergabung dari Polhut, Brigdalkarhut, dan staf berpatroli pada areal-areal rawan kebakaran di SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga.

Tim berpatroli ke Daerah kenayang dan memasang spanduk larangan pada areal yang rawan akan terjadinya kebakaran Hutan. Diperjalanan tim bertemu dengan sebuah mobil angkutan yang sedang membawa bibit sawit lebih kurang 50 batang milik oknum masyarakat. Tim kemudian memberikan pemahaman bahwa areal ini merupakan kawasan TN Tesso Nilo dan tidak diperbolehkan melakukan aktifitas membuka lahan perkebunan didalam kawasan. Supir tersebut menerima penjelasan dari tim dan langsung meninggalkan kawasan serta membatalkan niat untuk mengantarkan bibit

Hari berikutnya tim berpatroli ke wilayah Resort Lancang Kuning tepatnya di belakang kantor Resort. Tim menemukan bekas kebakaran kurang lebih seluas 1 Ha dan pada saat itu masih ada sisa-sisa asap yang masih hidup. Tim kemudian mematikan sisa-sisa api tersebut , dan memasang sepanduk larangan atau peringatan bahwa daerah tersebut rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Saat tengah berpatroli tim mendapatkan informasi bahwa telah terjadi kebakaran di Resort Lancang Kuning. Selanjutnya Tim memutuskan melakukan pemadaman dengan mobil tengki, yang berkapasitas Air 5000 liter bergabung dengan PT RAPP yang juga ikut bahu membahu untuk memadamkan kebakaran. keesokan harinya tim juga mendapatkan bantuan dengan dilakuka water boombing oleh 2 unit helikopter, dan petugas memadamkan sisa-sisa api yang terdapat di tunggul/pendinginan.