Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI KAWASAN SPTN WILAYAH II BASERAH, PETUGAS HIMBAU MASYARAKAT JANGAN TERGIUR RAYUAN “OKNUM” JUAL BELI LAHAN KAWASAN TN TESSO NILO

Published by Humas TNTN on

Baserah, Rabu, 8 Februari 2023 – Petugas TN Tesso Nilo giatkan patroli pengamanan kawasan TN Tesso Nilo di areal SPTN Wilayah II Baserah. Sebelum turun ke kawasan, Tim melakukan briefing terlebih dahulu yang dipimpin oleh Kepala SPTN Wilayah II Baserah Ibram Eddy Chandra, S.Hut, M.Sc terkait tujuan patroli yakni menindak lanjuti informasi dari masyarakat.

Kepala SPTN Wilayah II Baserah mengarahkan tim patroli ke wilayah overlap bufferzone PT RAPP Dengan TN Tesso Nilo yang berdasarkan informasi dari masyarakat kepada petugas bahwa telah terjadi pembukaan lahan dengan alat berat di wilayah tersebut. Tim patroli berangkat menuju lokasi dan mendapati bekas bukaan lahan menggunakan alat berat, namun alat berat tersebut sudah keluar dan dilokasi juga telah dipasang plang larangan oleh PT RAPP.

Diperjalanan tim bertemu dengan masyarakat dan berpatroli bersama. Masyarakat tersebut mengaku telah menjadi korban penipuan terkait pembelian lahan yang berada didalam kawasan.Tim melakukan diskusi dan memberi pengertian kepada masyarakat yang menjadi korban penipuan jual beli lahan tersebut agar tidak melakukan pembukaan lahan dan mengajak masyarakat tersebut untuk melakukan penanaman tanaman kehutanan dan buah buahan. Masyarakat tersebut pun bersedia untuk melakukan penanaman tersebut dengan dukungan bibit dari Balai TN Tesso Nilo. Kepala SPTN Wilayah II Baserah juga mengarahkan untuk segera mendata lahan dan masyarakat tersebut dalam kaitan Kemitraan Konservasi. Petugas TN Tesso Nilo menghimbau seluruh masyarakat untuk tidak tergiur dengan tawaran oleh oknum masyarakat yang memperjual belikan lahan didalam kawasan TN Tesso Nilo. Masyarakat dapat melaporkan kepada petugas jika mengetahui adanya transaksi jual beli lahan di kawasan TN Tesso Nilo.