Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI HUTAN TESSO NILO: TIM GABUNGAN PASTIKAN KEAMANAN KAWASAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 19 Mei 2024 – Tim gabungan dari Polhut, Manggala Agni, dan PPNPN telah sukses melaksanakan patroli penjagaan di kawasan Taman Nasional Tesso Nilo. Patroli yang berlangsung dari 14 hingga 18 Mei 2024 ini mencakup beberapa grid utama di wilayah SPTN II Baserah.

Patroli pertama dilakukan, sepanjang perjalanan  tim tidak menemukan adanya aktivitas ilegal di kawasan tersebut. Kondisi hutan terpantau aman dan terkendali.

Patroli dilakukan menyusuri areal-areal rawan, tim juga melakukan tim juga melakukan anjangsana ke masyarakat setempat untuk memberikan edukasi dan himbauan agar tidak melakukan aktivitas yang dapat merusak kawasan TN Tesso Nilo. Sosialisasi ini merupakan langkah preventif penting untuk menjaga kelestarian hutan.

Patroli ini bertujuan untuk menjaga keutuhan kawasan hutan alam di Tesso Nilo dari berbagai ancaman, termasuk pembalakan liar dan perambahan hutan. Selama lima hari, tim tidak menemukan adanya aktivitas ilegal, menunjukkan efektivitas pengawasan dan kerja sama dengan masyarakat setempat.

Tim patroli sampaiakn kegiatan ini akan terus dilakukan secara rutin untuk memastikan kelestarian kawasan Taman Nasional Tesso Nilo.