Taman Nasional Tesso Nilo

PATROLI DAN ANJANGSANA DALAM PIKET JAGA, PETUGAS HIMBAU MASYARAKAT JAGA KEUTUHAN HUTAN

Published by Humas TNTN on

TNTN, 28 s.d 29 Januari 2023 – Berakhir pekan di kawasan TN Tesso Nilo, tim petugas piket jaga kawasan melakukan monitoring dan patroli di areal SPTN Wilayah I LKB dan SPTN Wilayah II Baserah.


Pada hari pertama tim berangkat dari Pos piket penjagaan dan menjumpai 2 unit motor dan 2 orang yang sedang mencari damar didalam kawasan, tim kemudian memberikan himbauan kepada warga tersebut bahwa mereka berada di dalam kawasan TN Tesso Nilo dan diperingatkan untuk tidak melakukan aktifitas illegal didalam kawasan. Tim juga melakukan pemasangan plang himbauan / peringatan di titik yang rawan terjadinya tindak pidana kehutanan.


Tim melanjutkan perjalanan untuk melakukan pengecekan terkait laporan dari masyarakat adanya aktivitas ilegal logging / penumbangan hutan. sesampainya dilokasi tim melihat adanya tumbangan baru yang telah menutupi akses jalan. Tim melakukan penyisiran di sekitar lokasi tumbangan, namun tidak menemukan pelaku atau suara mesin. Tumbangan yang ditinggalkan juga sudah dipotong setengah. Tim memutuskan untuk berbalik arah dan mengutamakan keselamatan karena situasi angin kencang dan mendung yang berpotensi menjatuhkan batang pohon tumbangan tersebut.

pada hari kedua, Tim berangkat dari Pos piket penjagaan menuju hutan alam dan tidak menemukan adanya aktivitas ilegal. tim lalu melakukan pemasangan plang himbuan / peringatan di sekitar areal. Tim melanjutkan patroli kearah lubuk balai, dan juga tidak menemukan adanya aktivitas ilegal. Tim lalu melakukan penyebaran biji di beberapa lokasi terbuka.

Tim melanjutkan patroli menuju kearah Resort Lancang Kuning, dan juga melakukan pemasangan plang larangan. setelah itu tim menuju ke daerah kenayang dan melakukan kegiatan anjangsana ke salah satu pondok masyarakat dan memberikan himbauan agar tidak melakukan aktivitas terlarang di Kawasan TN Tesso Nilo. Tim menyudahi patroli pada sore hari dan kembali ke pos piket untuk persiapan rolling shif dengan tim piket selanjutnya