PANTAU TERUS AREAL HUTAN, TIM KARHUTLA TNTN SUSURI DAERAH RAWAN

Berita142 Views

TNTN, Kamis 3 sd 5 Oktober 2023 – Petugas penanganan kebakaran hutan dan lahan TN Tesso Nilo bersama dengan personil dari Polsek Ukui melaksanakan patroli pencegahan kebakaran di areal SPTN Wilayah I Lubuk Kembang Bunga, Resort Bagan Limau.

Tim bergerak menuju areal hutan dan menyusuri jalur patroli yang telah ditentukan, dalam perjalanan tim menemukan areal bekas kebakaran yang baru terjadi beberapa hari lalu. Dari hasil pengecekan tim menemukan areal yang terdiri dari tanaman sawit dan semak belukar yang sudah terbakar. Setelah menggali informasi, tim mengetahui bahwa lahan tersebut telah digarap oleh beberapa oknum masyarakat untuk membuka perkebunan, namun tim tidak menjumpai keberadaan dari oknum masyarakat tersebut. Tim patroli kemudian langsung memasang spanduk larangan pada sekitar areal bekas terbakar.

Selanjutnya tim juga masuk kedalam wilayah berhutan melalui jalur gambangan kayu, yang diduga merupakan bekas illegal loging yang sudah ditinggalkan. Di areal yang dilalui, tim menemukan bibit sawit yang diduga hendak ditanam. Tim kemudian seketika memusnahkan bibit sawit yang ditemukan.

Tim memasang spanduk pada areal-areal yang memiliki tingkat kerawanan tinggi terhadap kebakaran maupun perambahan. Tim menghubungi dan berkoordinasi dengan Kepala Desa Bagan Limau via telpon terkait dengan adanya informasi hari ini diselenggarakan rapat penanganan kebakaran beberapa hari yang lalu. Hasil dari kesepakatan rapat bahwa lahan yg terbakar akan segera di tanami kembali oleh masyarakat yang di fasilitasi bibit oleh pihak PT Sarbi, karena lokasi tersebut dalam areal Rehab DAS Sarbi. Tim kembali keareal camp dan akan terus memantau kawasan untuk mencegahan kebakaran baru.