Taman Nasional Tesso Nilo

PANTAU AREAL BEKAS KEBAKARAN, TIM PETUGAS HENTIKAN AKTIFITAS ILLEGAL LOGING

Published by Humas TNTN on

TNTN, 26 s.d 27 Oktober 2023 – Tim patroli pencegahan karhutla SPTN Wilayah II Baserah yang tergabung dari Polhut, Brigdalkarhut dan staf, giatkan patroli di areal Resort Nilo yang merupakan area bekas kebakaran hutan.

Tim menggunakan kendaraan roda dua menyusuri areal-areal yang sudah ditentukan. Tim juga melakukan patroli ke areal Resort Nilo untuk mengecek alat berat yang sebelumnya dilaporkan keberadaannya oleh masyarakat. Pada saat tim sampai di lokasi, tim tidak menemukan alat berat yang dimaksud. Alat berat sudah meninggalkan lokasi diduga sudah dibawa kabur oleh pemiliknya. Tim memutuskan untuk mencari alat berat dengan menyusuri jejak alat tapi tidak menemukan alat tersebut

Hari berikutnya tim bersama Kepala SPTN Wilayah II baserah meninjau dan mengecek lokasi alat berat yang membawa kayu. Tim kemudian memusnahkan kayu dengan cara mecincang kayu dan menghancurkan kayu tersebut. Setalah itu tim juga mengecek lokasi bekas tunggul pohon tersebut yang berada di dalam hutan alam. Tim mendapati bekas jejak doser yang membuat jalan dan merusak hutan. Kepala SPTN Wilayah II Baserah menyampaikan illegal loging juga menjadi perhatian khusus bagi petugas agar tidak kembali terjadi hal serupa. Patroli kawasan terus dilakukan untuk memantau aktifitas yang ada didalam kawasan.